Pantai Rupat Bengkalis

Pantai Rupat, Bengkalis

Kabupaten Bengkalis – Riau – Indonesia
Pantai Rupat, Bengkalis

Keelokan Pantai Rupat di Bengkalis

A. Selayang Pandang

Pantai Rupat merupakan salah satu pantai indah di Provinsi Riau yang tak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali. Pantai Rupat mempunyai panjang sekitar 11 Kilometer dengan lebar 30 meter jika air dalam keadaan surut, atau 7 meter jika air laut dalam keadaan pasang. Pantai ini umumnya ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada bulan Shafar, yakni pada saat masyarakat sekitar melakukan ritual Mandi Shafar.

Sebagai pantai yang telah lama menjadi buah bibir masyarakat, pantai ini memang mempunyai lokasi yang sangat strategis karena berhadapan dengan daratan negeri tetangga, yakni Malaysia. Oleh karena letak geografis ini, masyarakat Pantai Rupat seolah-olah lebih merasa mempunyai kedekatan dengan orang Malaysia daripada Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari bahasa yang mereka gunakan sehari-hari yang hampir tidak jauh berbeda dengan bahasa Malaysia. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para penduduk pantai ini biasanya mendapatkannya dari Malaysia, yakni dengan cara menyebarang dengan kapal motor (motor boat). Maka tidak heran jika masyarakat Pantai Rupat banyak yang menggunakan mata uang Ringgit dalam setiap transaksi ekonominya.

B. Keistimewaan

Pantai Rupat memang terkenal sebagai pantai yang memiliki kekhasan tersendiri. Hal ini bisa dilihat dari hamparan pasir putihnya yang membentang di sepanjang pinggir pantai. Selain berwarna putih, pantai ini bersih dan banyak dipenuhi binatang-binatang kecil yang sering disebut umang-umang. Binatang-binatang kecil ini kadang-kadang secara tidak sengaja membentuk susunan yang seolah-olah memerahkan sebagian bidang pantai, sehingga menambah cita rasa tersendiri bagi para wisatawan. 

Pantai ini juga mempunyai kekhasan lainnya, seperti air laut yang masih jernih dan ombaknya yang tidak terlalu besar, sehingga memungkinkan para pengunjung untuk sekadar mandi, berjemur, berolahraga air, rekreasi keluarga, dan bersantai. Para wisatawan yang mengunjungi pantai ini juga dapat melihat perbukitan Malaysia dengan mata telanjang, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Selain itu, para pengunjung juga dapat melihat rumah-rumah nelayan yang berada di atas air laut yang juga sering disebut Rumah Togok. Bagi para wisatawan yang mempunyai hobi memancing, pantai ini juga bisa menjadi salah satu tempat rujukan yang sangat cocok untuk menyalurkan hobi tersebut sembari menikmati suasana pantai yang begitu elok dan memesona.

C. Lokasi

Pantai yang terletak di pinggir Selat Malaka ini berlokasi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau.

D. Akses

Karena berdekatan dengan Kota Dumai, wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Rupat disarankan menggunakan jalur transportasi laut dari Pelabuhan Dumai dengan menggunakan kapal motor (motor boat) atau kapal cepat (speed boat) yang biasanya memakan waktu sekitar 2,5 jam. Selain itu, pengunjung juga dapat menumpang kapal feri ataupun kapal pesiar dari Kota Dumai yang sering melintasi pantai ini. Dari dua jenis kapal ini, karena belum tersedia dermaga di sepanjang pantai, pengunjung harus pindah ke kapal kecil (pompong) untuk sampai ke Pantai Rupat.

E. Harga Tiket

Masih dalam konfirmasi

F. Akomodasi dan  Fasilitas Lainnya

Di kawasan pantai ini tersedia fasilitas pondok rehat (cottage), rumah makan, dan toko suvenir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: