Pantai Air Manis Padang

Pantai Air Manis Padang

Kota Padang – Sumatra Barat – Indonesia
Pantai Air Manis Padang

Pantai Air Manis Padang

A. Selayang Pandang

Pantai Air Manis, merupakan salah satu pantai  yang terdapat di Kota Padang yang menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memiliki  pesona pantai yang indah dengan gulungnan ombak yang semilir. Ketika pantai dihembus angin sepoi-sepoi, terdengar suara ombak yang lembut menyusuri pantai, sehingga membuat nuansa menjadi sejuk dan tenteram. Jika air laut sedang surut, para wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri bibir pantai yang cukup luas sembari melihat pemandangan laut yang terbentang luas di depan mata.

B. Keistimewaan

Pantai Air Manis memiliki pasir yang berwarna coklat keputih-putihan yang terhampar luas dan landai di sepanjang bibir pantai. Oleh  karenanya, pantai ini sangat cocok untuk tempat piknik, bermain ombak, surfing dan camping.

Di Pantai Air Manis, juga terdapat prasasti “si  anak durhaka Malin Kundang”. Prasasti tersebut berupa batu dari puing-puing bekas kapal dan jasad si Malin Kundang. Ketika ombak menghempas batu tersebut, terdengar suara gemercik air yang membahana seperti suara ratapan dan tangisan. Para wisatawan juga bisa menyaksikan dari dekat Batu Malin Kundang yang melegenda tersebut.

Tidak jauh dari bibir pantai, nampak sebuah pulau yang berdiri dengan anggunnya sehingga menarik untuk dikunjungi. Pulau ini dikenal dengan Pulau Pisang Kecil. Pulau ini terlihat seperti dua buah pulau yang terpisah walaupun sebenarnya tergabung menjadi satu. Jika berkunjung ke Pulau Pisang Kecil itu, wisatawan akan menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Meski tidak  jinak, monyet tersebut tidak mengganggu para wisatawan.

C. Lokasi

Lokasi Pantai Air Manis terletak di Kecamatan  Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra  Barat, Indonesia.

D. Akses

Untuk menuju ke pantai Air Manis, para wisatawan dapat menggunakan angkutan darat. Dari Bandara Ketaping menuju lokasi, banyak  kendaraaan yang melayani rute tersebut. para wisatawan bisa memanfaatkan angkutan umum khusus bandara, maupun angkutan umum yang melayani rute tersebut dengan  waktu tempuh sekitar 30 menit.

E. Tiket

Dalam proses konfirmasi.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di sekitar Pantai Air Manis Padang tersedia beberapa penginapan yang rata-rata dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga harga sewanya tidak bagitu mahal. Begitu juga dengan tempat makan. Di sepanjang pantai terdapat warung makan yang bisa dimanfaatkan untuk tempat bersantap ria.

Di samping itu juga tersedia beberapa fasilitas wisata, seperti tempat parkir kendaraan bermotor, jalan lingkar pantai, payung atap pantai, kerajinan hasil laut,  kamar mandi dan mushalla.


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: