Dolok Tolong

Dolok Tolong

Dolok Tolong berda sekitar 5 kilometer persis di arah barat kota Balige. Puncaknya berada di ketinggian 1200 meter dpl.

Dipuncak gunung ini ditemukan bangunan menara mikcowave untuk kebutuhan sistim komunikasi satelit domestic milik Telkom. Menuju puncak, Telkom sudah membuat jalan yang baik dan tetap terpelihara, jadi anda tidak perlu ragu membawa segala jenis kenderaan kesana.
Saat mendaki, kita akan disajikan pemandangan yang indah sekitar daratan yang mengitari danau toba. Bila anda seorang photographer, hindari panas terik, karena terjadi proses maksimum penguapan air danau toba, jadi bisa saja Samosir tidak nampak jelas dan sebagian permukaan danau toba. Photo yang saya tampilkan disini ada pada saat kondisi penguapan maksimum.

Pada awal pendakian kita melihat kea rah barat, bentangan sawah di Tampahan (saat ini sudah menjadi Kecamatan tersendiri terpisah dari Kecamatan Balige) yang dihiasi pegunungan, jalan dan danau toba. Beberapa menit kemudian, kita dapat melihat kearah utara, sawah di sekitar Hinalang hingga tonjolan Tanjung Tarabunga yang menakjubkan. Kita seolah berada diatas kapal raksasa melintasi danau toba. Bila memandang kearah Timur akan terlihat daerah Balige, Laguboti, Silaen, Sigumpar dan Porsea. Ke arah Tenggara kita dapat melihat dengan jelas dataran tinggi Sibodiala yang menjadi tetangga Dolok Tolong.

doloktolong_01.jpg doloktolong_02.jpg doloktolong_03.jpg doloktolong_04.jpg doloktolong_05.jpg doloktolong_06.jpg doloktolong_08.jpg doloktolong_09.jpg doloktolong_10.jpg Balige Sibodiala Mual�keramat

Sayangnya, kita tidak menemukan fasilitas wisatawan seperti tempat memandang di sekitar gunung itu. Mungkin ini belum terpikirkan Pemkab Tobasa, atau tidak pernah memikirkannya dan menyaksikan kehebatan potensi lokasi pandang itu.
Dipuncak gunung kita menemukan juga mata air yang disakralkan masyarakat. Mata air itu tetap dipelihara pihak Telkom dan diberi pagar pelindung. Konon katanya air itu tidak pernah kering. Yang memiliki rejeki akan menemukan air itu, dan yang bernasib kurang baik, air itu bisa tidak ada.

Bagi mereka yang pernah sekolah di Soposurung pasti akan mengenali gunung itu, tapi mungkin belum seluruhnya pernah menikmati pemandangan dari sana. Nah, nikmatilah apa adanya.

@ Monang Naipospos http://tanobatak.wordpress.com

Melihat Danau Toba dari Sipinsur atau Dolok Tolong

Foto-foto Danau Toba

3 Comments on “Dolok Tolong”

  1. irfan Says:

    Mantab….


  2. tempatnya emang keren, saya udah kesana…………:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: