Pulau Berhala dengan konsep Green Tourism

 
Green tourism akan diterapkan dalam pengembangan Pulau Berhala. Konsep tersebut lebih sempitnya adalah private tourism, yaitu wisata eksklusif yang berbiaya mahal.

 “Wisata eksklusif ini nanti biayanya mahal, jadi mendatangkan pendapatan lebih banyak dari wisata biasa. Kecil, eksklusif dan mahal
Konsep itu cocok, mengingat luas pulau yang tidak seberapa. Namun keindahan alam Pulau Berhala yang eksotis dan masih alami tentu akan menjadi data tarik tersendiri

Pulau Berhala adalah sebuah pulau di Jambi, Indonesia. Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia di Selat Malaka, Pulau yang kaya akan hutan akar bahar ini menyimpan berbagai jenis terumbu karang (Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah) dalam radius 200 M dari bibir pantai yang tidak kurang dari 22 spesies dan jenis ikan karang dapat terlihat dari 11 spesies, bila anda menyelam kesana. Luasnya adalah 2,5 km². Berhala memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih. Pada awal dan akhir tahun, pantai Pulau Berhala menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Pulau yang kaya akan hutan akar bahar ini menyimpan berbagai jenis terumbu karang (Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah) dalam radius 200 M dari bibir pantai yang tidak kurang dari 22 spesies dan jenis ikan karang dapat terlihat dari 11 spesies, bila anda menyelam kesana.

Nama pulau Berhala ini diambil dari nama raja Jambi dahulu yaitu Datuk Paduko Berhala yang makamnya terdapat di pulau itu.

Pulau Berhala cukup unik di lihat dari namanya saja sudah memberi kesan tersendiri. Luas pulau berkisar 2,5 Hektar. Kondisi pulau sangat alami dan belum memiliki penduduk. Saat ini pulau di jaga oleh Tentara Nasional Indonesia Angakatan Laut

Saat ini sudah terdapat fasilitas berupa resort, pemancingan, wahana untuk permainan laut maupun Hotel untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana

Selain Pulau Berhala di Sumatra Utara, ada lagi empat pulau dengan nama yang sama. Satu di Indonesia, sedangkan tiga lainnya di Malaysia. Pulau kedua yang berada di Indonesia terletak di Selat Berhala, dekat Kepulauan Riau. Di sekelilingnya, terdapat tiga pulau kecil dengan luas sekitar 0,25 hingga 0,5 hektare. Pulau ini diperebutkan provinsi Jambi dan Riau.

Tiga pulau lainnya milik Malaysia masing-masing terletak di dekat Sandakan, sebelah utara Kalimantan, di dekat Johor, dan di Perak (bernama Batuan Berhala).

Explore posts in the same categories: Uncategorized

Tags: , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

7 Comments on “Pulau Berhala dengan konsep Green Tourism”

  1. maria Says:

    bisa d post informasi itinerary nya perjalanan menuju berhala? klo bisa dari area Pekanbaru-Riau. Makasih

  2. kayla journey Says:

    Mudah2an Pemerintah jangan sampai lagi biarkan kejadian seperti di Cubadak Island Paradisso Painan Pesisir Selatan…ya judulnya wisata private island tapi exclusive untuk bule & pak le karena yg kelola pihak Italia…buat pribumi dipersulit buat visit…cuma boleh 6 orang maks/day…23 orang ikutan paket mereka….
    This is our country jadi kenapa bisa begitupun wisatawan lokal kita juga harus punya kesadaran jaga betul keaslian panorama wisata.Tapi kalau boleh Pemerintah juga Departemen Pariwisata bisa lebih interest lagi kelolanya jadi siapapun bisa nikmati keindahan pulau sendiri….bukan khusus prioritas bule sama pak le tadi ja….kabarnya juga nelayan lokal dilarang mendekat…waduuh sebenarnya yang punya Indonesia atau orang Barat siiiih????


  3. […] Pulau Berhala dengan konsep Green Tourism […]


  4. Semoga tempat wisata ini semakin terawat oleh pemerintah setempat..

  5. Roy Says:

    Om admin..
    salam kenal.. saya pengen sekali bekerja sama dengan agan, kalau berkenan, hubungi saya balik ya..🙂


  6. […] Pulau Berhala dengan konsep Green Tourism […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: