Gunung Maras

Gunung Maras, Kabupaten Bangka – Bangka Belitung – Indonesia

Gunung yang merupakan satu-satunya gunung yang ada di Pulau Bangka ini menawarkan  eksotisme suasana alam: panorama alam yang indah dan menyegarkan. Rimbunan  pohon membuat suasana pagi menjadi sangat menyegarkan. Pada siang hari, pengunjung  tertlindung dari sengatan panas matahari karena banyaknya lekukan-lekukan  gunung dan lebatnya hutan. Ketika malam tiba, keindahan langit dan bintang yang  terlihat di sela-sela pepohonan menambah kesyahduan malam. Oleh karena itu, lokasi  ini sangat cocok digunakan untuk bersantai bersama teman-teman dengan  menyalakan api unggun. Oleh karena eksotisme alamnya, lokasi ini juga sangat representatif untuk olahraga lintas alam seperti hiking, camping, dan  mendaki gunung.

Gunung Maras, Gunung ini menawarkan kedamaian alam pedesaan yang asri, dengan pesawahan yang maha luas dan pepohonan yang rindang di samping rumah-rumah penduduk. Selain itu, di sekitar Gunung yang memiliki ketinggian 699  m. dari permukaan laut ini ditumbuhi pepohonan liar yang lebat. Di pagi hari, pengunjung  bisa menyaksikan matahari terbit di sela-sela pucuk pepohonan. Saat senja,  pengunjung bisa menyaksikan matahari beringsut masuk di balik indahnya panorama pertanian. Sedangkan pada malam hari pengunjung akan disuguhi deritan-deritan pepohonan hutan. Agar pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya dengan  tenang, disarankan untuk membawa perbekalan makan secukupnya dan alat  tidur/tenda sebelum naik gunung, karena tidak ada usaha jasa yang menawarkan  fasilitas tersebut kepada pengunjung.

Gunung ini terletak di Desa Rambang,  Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Jarak antara  Gunung Maras dengan Kota Sungailiat sekitar 70 km dan dengan Kota Belinyu  sekitar 33 Km. Dari Kota Sungailiat menuju ke Gunung Maras, pengunjung bisa  menggunakan angkutan umum seperti bus atau mobil pedesaan, tetapi angkutan ini tidak  sampai ke lokasi. Oleh karena itu, disarankan agar pengunjung menggunakan  kendaraan sendiri atau naik ojek dari Belinyu.

 

One Comment on “Gunung Maras”

  1. Heru Subastiyan Says:

    Bisa share jalan ke gunung maras ngak? Soalnya lagi butuh…😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: