Pantai Matras

Pantai Matras

Kabupaten Bangka – Bangka Belitung – Indonesia
Pantai Matras

Pantai Matras, Pantai Surga di Kabupaten Bangka

A. Selayang Pandang

Pantai Matras amat indah dan landai. Di pantai ini, pengunjung akan menemukan pemandangan pasir putih nan halus bagai mutiara dan pemandangan alam  yang mempesona. Hamparan pasir menyatu dengan bebatuan indah di sekitarnya. Panjang  pantai ini mencapai 3 km dan lebar 20-30 m yang dilatarbelakangi pepohonan  kelapa dan aliran sungai yang jernih dari daratan menuju laut. Oleh karena keelokan  pemandangan dan suasananya, pengunjung sering menyebut pantai ini sebagai  “Pantai Surga”. Di antara pantai-pantai indah yang ada di Bangka Belitung, pantai ini merupakan yang paling banyak dikunjungi wisatawan, baik oleh masyarakat Bangka sendiri ataupun wisatawan luar  daerah dan mancanegara.

B. Keistimewaan

Keistimewaan pantai ini adalah pasir putihnya yang halus, nyiur yang melambai-lambai, dan aliran sungai alami. Keistimewaan lain,  lokasinya yang nyaman dan tenang akan memberikan keleluasaan kepada para  pengunjung untuk menyantap makanan sambil bersandar di bebatuan alam dan menikmati  keindahan suasana pantai. 

C. Lokasi

Pantai indah ini terkenal dengan nama Pantai  Matras karena terletak di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Terletak di sebelah timur laut Pulau Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau 7 km  dari kota Sungailiat.

D. Akses

Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan sendiri atau taksi dari Sungailit atau Pangkalpinang menuju ke Pantai Matras. Perjalanan dari Pangkalpinang menuju ke lokasi kurang lebih membutuhkan waktu 1 jam dengan jalanan yang naik turun (bergelombang).

E. Harga tiket

Pengunjung tidak ditarik biaya masuk.

F. Fasilitas dan Akomodasi

Di sekitar lokasi pantai terdapat beberapa hotel, penginapan, layanan tour/travel, dan tempat hiburan. Terdapat juga pusat-pusat penjualan souvenir dan makanan khas Bangka seperti Kemplang Panggang, Kerupuk Ikan, Keretek Ikan/Cumi, Rusip, Belacan/Trasi, Lada Bubuk, dan  sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: