Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Kabupaten Bangka – Bangka Belitung – Indonesia
Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

A. Selayang Pandang

Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang terletak di Sungailiat, sekitar 40 km dari Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang. Pantai ini cukup landai dan memiliki ombak yang lembut. Kondisi pantai yang seperti ini, sangat memungkinkan para wisatawan untuk berenang dan bermain air di sepanjang bibir pantai. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang hijau, semakin menambah nilai kecantikan pantai ini.

Parai Tenggiri merupakan pantai paling populer dan eksklusif di Provinsi Bangka Belitung. Hal ini dikarenakan pantai ini tidak lagi dikelola oleh pemerintah, melainkan ditangani secara profesional oleh pihak swasta. Saat ini, kawasan Pantai Parai Tenggiri ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau dengan sebutan Parai Green Resort. Karena, pengelola tempat wisata ini memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan, dengan cara selalu berusaha mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari pantai, seperti plastik, dan menanam banyak pohon di lokasi wisata ini.

B. Keistimewaan

Daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya batu-batu karang yang besar, dengan beragam bentuk yang unik, yang tidak dapat dijumpai di daerah lain. Bebatuan karang inilah yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi lebih istimewa, dan kerap kali mengundang decak kagum para pengunjung. Dari atas batu-batu karang ini, pengunjung dapat duduk santai untuk menikmati keindahan Laut Cina Selatan yang teduh dan berombak kecil. Pada malam hari, pengunjung dapat dengan leluasa menikmati suasana malam di pinggir pantai, yang diwarnai cahaya dari kapal-kapal yang tengah berlayar, sambil menikmati penganan seperti ubi goreng keju, pisang goreng keju, kolak labu merah, ataupun minuman hangat, yang bisa dibeli di restoran terdekat.

Selain menikmati keindahan alam dan suasananya, pengunjung juga dapat melakukan rekreasi bahari yang menarik lainnya. Bagi wisatawan yang hobi memancing, di pantai ini tersedia penyewaan perahu pancing lengkap dengan semua peralatannya. Mau yang sedikit lebih menantang? Pengunjung dapat saja melakukan permainan banana boating ataupun parasailing. Atau, pengunjung pun dapat melakukan diving untuk menikmati kekayaan terumbu karang di kawasan pantai yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan ini.


Batu-batu Karang di Pantai Parai Tenggiri
Sumber Foto: Amelia Saputri

C. Lokasi

Pantai Parai Tenggiri terletak di daerah Matras, Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia.

D. Akses

Untuk mencapai pantai ini, dari Bandara, pengunjung dapat menggunakan beragam jenis kendaraan yang bisa disewa di Bandara Depati Amir. Jika ingin menggunakan angkutan umum, dari Pangkal Pinang pengunjung dapat menumpang angkutan kota jenis colt, jurusan Pangkal Pinang—Sungai Liat dan membayar  ongkos Rp 6.000,00. Dari Sungai Liat, perjalanan dapat diteruskan dengan menggunakan becak motor sampai ke kawasan Pantai Parai Tenggiri. Untuk menggunakan becak motor ini, pengunjung perlu membayar sekitar Rp 40.000,00 untuk rute pergi-pulang. (April 2008)

E. Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan Pantai Parai Tenggiri, harga tiket yang dikenakan kepada pengunjung sebesar Rp 25.000,00 per orang. Tiket ini, nantinya dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman di restoran, di pinggir pantai.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Pengelola Pantai Parai Tenggiri membangun dua resort, yakni Parai Pool Vilas Resort & Spa dan Parai Beach Resort & Spa. Kedua resort ini menyediakan beragam fasilitas seperti: hotel, restoran, pemancingan ikan, areal outbond, dan spa. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa peralatan untuk jet ski, banana boating, parasailing, serta diving. Bagi pengunjung yang ingin mencoba parasailing atau diving namun belum memiliki pengalaman tidak perlu khawatir. Karena, pengelola pantai ini menyediakan instruktur berpengalaman yang dapat memberikan petunjuk cara penggunaan dan pelatihan terlebih dulu kepada para turis.

One Comment on “Pantai Parai Tenggiri”

  1. nn Says:

    untuk water sport kira2 per paket berapa ya?
    apakah diving juga termasuk di dalam nya?
    kenapa g bisa di hubungi ya? (telp g diangkat)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: