Pantai Rebo

Pantai Rebo – Bangka yang terletak di kampung Rebo, Desa Kenanga,kecamatan Sungailiat,  Kabupaten Bangka .

Garis pantai yang membentang sepanjang puluhan kilometer dengan tekstur tanah yang berbukit-bukit membuat pantai ini lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise. Bentangan bebatuan granit yang berdiri dalam berbagai posisi membuat kunjungan kami menjadi lebih menyenangkan karena bebatuan tersebut seakan menyediakan meja bahkan tempat tidur, tidak perlu kuatir barang-barang bawaan tercemar oleh pasir. sekaligus untuk kemping di antara bebatuan tersebut.

Dari kejauhan tampak puluhan tambang apung mengambang di atas permukaan laut, dan begitu hari mulai beranjak siang, beberapa di antaranya mulai beroperasi dan mengeluarkan suara-suara mesin penyedot pasir yang masih banyak mengandung timah

Terumbu karang yang terdapat di daerah Karang Kering Pantai Rebo Sungailiat Kabupaten Bangka

Pantai Rebo berjarak hanya sekitar 8 km dari Kota Sungailiat ibukota Kabupaten Bangka Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini sebenarnya merupakan daerah wisata bahari yang dahulu ingin dikembangkan oleh Pemda Kabupaten Bangka. Sayangnya karena kurang perhatian dan ketegasan wisata bahari di Pantai Rebo hampir luluh lantak dibantai oleh Tambang Inkonvensional (TI) apung dan TI darat. Selain itu pernah pula beroperasi kapal hisap dikawasan ini. Bekas galian, lobang-lobang dan sedimentasi pasir tak beraturan membuat Pantai Rebo tak secantik dulu.

 Dulu (tahun 1990-an) di kawasan pantai ini dibangun dermaga sebagai tempat menambatkan perahu nelayan dan dibangun pondok-pondok sebagai tempat bersantai dan berteduh sambil menikmati keindahan pantai. Berlatar Bukit Rebo yang hijau, berpasir putih dan air lautnya yang biru jernih, Pantai Rebo menjadi salah satu aset wisata bahari penting di Kabupaten Bangka saat itu.

Kini pondok-pondok itu telah berubah fungsi menjadi tempat tinggal yang tak terawat para pekerja TI yang sebagian besar berasal dari luar Pulau Bangka. Hanya dalam beberapa tahun penambangan timah telah meluluhlantakkan keindahan di pantai ini.
Sekitar 4 km dari bibir pantai tepat di depan Pantai Rebo (arah timur) terdapat kawasan terumbu karang yang sangat cantik. Memang tak semua orang yang mengetahui lokasi ini. Hanya nelayan dan sebagian penduduk setempat saja yang mengetahuinya. Jika menggunakan perahu nelayan, sekitar 20 menit kita telah sampai ke lokasi tersebut. Nelayan setempat menyebutnya ”karang kering”.

Karang jenis Acropora formosa (brown) ,Karang jenis Montipora aequituberculata , Amphiprion melanopus dan Ocellaris magnifica yang terdapat di kawasan Karang Kering Pantai Rebo Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Sama seperti kawasan karang kering yang terdapat di daerah bedukang (pada tulisan sebelumnya) karang di daerah tesebut kering (terlihat) saat air laut rendah dan tertutup saat pasang tinggi. Luasan karangnya sekitar 2 hektar dengan didominasi oleh karang jenis Acropora formosa (brown) yang memiliki tipe pertumbuhan branching dan karang jenis Montipora aequituberculata yang memiliki tipe foliose. ditemui Acanthaster plancii (mahkota berduri) dan Diadema sp (bulu babi),ditemui Tridacna sp yang merupakan biota laut jenis terumbu karang yang dilindungi karena terancam punah. Kawasan terumbu karang di Pantai Rebo termasuk kaya dengan jenis ikan karang seperti Lutjanus sp., Angelfishes, butterflyfishes, Abudefdu vaigiensis, parrotfishes dan Amphiprion. Selain itu ditemukan pula Anemon (softcoral), sponge, gastropoda dan biota laut khas terumbu karang lainnya.

yang terdapat di kawasan terumbu karang Pantai Rebo Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Tidak jauh dari Pantai Rebo, dengan menyusuri garis pantai menuju kota Sungailiat akan ditemui  Pantai Parai Tenggiri yang terletak di desa Sinar Baru,kecamatan Sungiliat. Merupakan satu-satunya pantai yang telah digarap secara serius sebagai suatu kawasan wisata terpadu, Pantai Parai Tenggiri ini sudah dilengkapi dengan Parai Beach Resort and Spa yang sudah berbintang 4 dan Parai Pool Villas Resort and Spa yang berbintang 5. Tempat ini juga telah dilengkapi dengan Martha Tilaar Salon and Day Spa, cocok sekali untuk relaksasi dan melepaskan diri dari segala kepenatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: