Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Kabupaten Belitung – Bangka Belitung – Indonesia
Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung

A. Selayang Pandang

Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai pasir putih yang menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Belitung. Pantai ini letaknya sekitar 31 km dari Tanjung Pandan, Ibu kota Kabupaten Belitung, dan meliputi area seluas kurang lebih 80 hektar. Pasir putih dan air laut yang jernih dengan warna biru kehijau-hijauan yang dimiliki pantai ini, membuatnya tampak bersih dan semakin menambah pesonannya.

Pantai ini memiliki lebar 5 m pada saat pasang tertinggi dan 8 m pada saat pasang terendah. Lebar pantai seperti ini, dan dengan ombak yang tidak terlalu besar, sangat memungkinkan pengunjung untuk leluasa berenang di pantai. Namun, pengunjung harus berhati-hati, karena terkadang ada ubur-ubur yang dapat menyengat para pengunjung.

B. Keistimewaan

Keistimewaan dari Pantai Tanjung Tinggi adalah batu-batu karangnya yang besar. Batu-batu karang ini, beraneka ragam ukurannya, dari yang hanya beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Anda dapat mencoba naik ke atas batu-batu karang ini, berpindah dari satu batu ke batu yang lain, untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda-beda dari tiap sudut tempat Anda berdiri. Bentuk batu-batu besar ini pun tak kalah unik, sebagian di antaranya ada yang membentuk gua yang dapat digunakan untuk berteduh jika hujan tiba. Di atas batu-batu karang yang besar, pengunjung dapat duduk-duduk santai, seraya menunggu matahari terbenam. Saat matahari mulai terbenam, Pantai Tanjung Tinggi akan memancarkan pesona kecantikannya yang luar biasa.

Batu-batu karang di Pantai Tanjung Tinggi

Selain dapat menikmati pemandangannya yang indah, pengunjung pun dapat melakukan beragam permainan air di pantai ini. Pengunjung dapat memancing, bermain jet ski, dan menyelam. Pengunjung yang mencoba menyelam di pantai ini, akan menemukan terumbu karang dengan beragam bentuk dan warnanya. Di sela-sela terumbu karang, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan unik, yang menjadikan terumbu karang ini sebagai rumahnya.

Lelah bermain di pantai dan merasa lapar, pengunjung dapat menyambangi warung-warung makan di pinggir pantai. Di sini, pengunjung dapat menikmati beragam makanan laut, hasil olahan penduduk sekitar Pantai Tanjung Tinggi. Salah satu masakan khas Belitung yang dapat dinikmati di pantai ini adalah Gangan. Gangan merupakan sejenis sayur berwarna kuning (karena menggunakan kunyit sebagai bumbu utama), yang dimasak bersama kepala ikan. Masakan ini memiliki rasa asam dan pedas, yang didapat dari nanas muda yang dimasak bersama kepala ikan. Selain Gangan, pengunjung juga dapat memesakan masakan khas lainnya seperti cumi pedas manis, ataupun ikan panggang Ilak.

C. Lokasi

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Indonesia.

D. Akses

Bagi wisatawan dari luar Pulau Belitung, jika ingin mencapai Pantai Tanjung Tinggi, haruslah menyewa mobil ataupun motor dari Tanjung Pandan. Karena, kendaraan umum yang menuju pantai ini, sangatlah sukar ditemui. Harga sewa sebuah mobil berkisar antara Rp 250.000,00—Rp 350.000,00 per hari. Sementara itu, harga sewa motor berkisar antara Rp 100.000,00—Rp 120.000,00 per hari (Oktober 2008).

E. Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan Pantai Tanjung Tinggi, pengunjung tidak dikenakan biaya.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Jika merasa lapar usai bermain-main di pantai, di sekitar pantai terdapat warung-warung yang menjual beragam makanan hasil laut. Anda tinggal memilih salah satunya untuk menikmati santapan ikan laut. Jika ingin menginap, Anda juga tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai ini, terdapat beragam jenis hotel. Mulai dari butik hotel hingga penginapan-penginapan murah untuk para backpacker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: