Pantai Teluk Uber

Pantai Teluk Uber

Kabupaten Bangka – Bangka Belitung – Indonesia
Pantai Teluk Uber

Pantai Teluk Uber, Pantai Perawan di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kebupaten Bangka

A. Selayang Pandang

Pantai Teluk Uber belum setenar pantai-pantai  lain di daerah Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai yang terletak di lekukan  yang menjorok ke daratan ini masih asli karena belum banyak diotak-atik untuk  keperluan program pariwisata. Unsur-unsur pantai seluas 25 hektar itu belum  banyak mendapatkan sentuhan tangan manusia. Di sekitar pantai ini dipenuhi hamparan  pasir putih yang luas, bebatuan yang membentuk lekukan indah khas bebatuan  pantai, pepohonan yang tumbuh liar mengayomi bebatuan dan melambai-melambai  ombak, dan semak belukar yang tumbuh secara alami memberikan suasana liar tapi  nyaman.

B. Keistimewaan

Keistimewaan Pantai Teluk  Uber adalah suasananya yang masih sepi dan pesona alam yang masih perawan.  Pengunjung bisa bersantai di hamparan pasir atau berenang dengan tenang, tanpa  diganggu hiruk-pikuk keramaian kota. Pada pagi hari, pemandangan Pantai Teluk  Uber terasa lebih elok. Matahari terbit dari tengah laut dan melimpahkan  sinarnya yang hangat ke arah pantai. Di tengah terang cahaya, laut terlihat  jernih, berwarna biru kehijauan, kontras dengan hamparan pasir yang putih  bersih. Keindahan ini terasa lebih sempurna lagi dengan puluhan perahu nelayan  pemburu udang yang terlihat terombang-ambing di tengah laut. Pantai ini sangat  cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai-santai di atas batu, di akar pohon,  atau di saung-saung kecil yang terbuat dari kayu sambil bercakap dan bersenda-gurau.

C. Lokasi

Pantai Teluk Uber terletak di  Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Kebupaten Bangka.

D. Akses

Pantai Teluk Uber berjarak ±

40 kilometer  dari Pangkalpinang dan tiga kilo meter dari Sungailiat. Dari Pangkalpinang  pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar 45  menit. Dari Sungailiat bisa ditempuh dengan kendaraan umum, tetapi tidak sampai  masuk ke lokasi pantai. Pengunjung juga bisa menggunakan jasa ojek becak  motor yang mangkal di Terminal Sungailiat yang siap mengantar hingga ke  pantai, tetapi tarifnya relatif mahal dan hanya ada sampai sore hari. Memasuki  malam hari, praktis tidak ada kendaraan umum yang masuk pantai yang sepi itu. Untuk kenyamanan, pengunjung bisa menggunakan kendaraan sendiri, tetapi diharap  hati-hati, karena beberapa ruas jalan menuju Pantai Teluk Uber banyak yang rusak.  Jalan sepanjang 300 meter dari pertigaan jalan desa yang beraspal hingga Pantai Teluk Uber berlubang-lubang besar dan digenangi air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: