Tanjung Kalayang Belitung

Tanjung Kalayang – Belitung – Bangka Belitung

Terletak di kecamatan sijuk meliputi area seluas 60 hektar, sekitar 27 Km dari Tanjungpandan ibukota Kabupaten Belitung. Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 1,5 km dengan lebar pantai (-+) 7 m pada saat pasang tertinggi, dan (-+) 10 m pada saat pasang terendah. Merupakan salah satu kawasan wisata pantai terkenal di Belitung, batu besar disini memiliki berbagai bentuk, ada yang seperti elang hendak terbang. Karakteristik pantainya berpasir putih dan laut biru yang tenang diantara batuan granit dengan panorama pohon kelapa disepanjang pesisir

Tanjung Kalayang terkenal dengan pemandangan pantai dimana terdapat pulau batu granit kecil, kira-kira 100 meter dari pantai. Bentuk pulau granit itu mirip seperti burung. Itulah yang menyebabkan tempat ini dinamakan Tanjung Kelayang (salah satu nama jenis burung yang banyak dijumpai di sana). Ukuran dari pulau kecil itu kira-kira 50m persegi. Terlihat indah, seperti halnya dapat anda lihat di foto utama dari halaman ini.
 
 
Tanjung Kelayang adalah semenanjung yang menjorok ke arah Utara.Dengan pulau granit kelayang terletak sebelah Timur, Tanjung Kelayang adalah pantai berpasir putih sepanjang beberapa kilometer. Sebenarnya dari Tanjung Kelayang terhampar pantai pasir putih sejauh kurang lebih 4km sampai ke Tanjung Tinggi. Pantai sebelah Timur adalah tempat yang baik untuk berenang, karena permukaan dasar pantai jernih dan berpasir putih. Tempat ini juga baik jika anda ingin bermain di tepi pantai karena permukaan pantai yang lebar. Pantai sebelah Timur adalah pintu masuk Tanjung Kelayang, di sini hanya ada pasir putih, tidak ada granit di pantai. Dari sana pengunjung biasanya berjalan sepanjang pantai kurang lebih 300m ke arah Utara, dimana bisa ditemukan bebatuan granit, tersebar sepanjang ujung semenanjung dan juga di permukaan laut. Salah satunya yang berbentuk seperti burung kelayang tadi.
 

Sementara itu pantai sisi Barat memiliki pemandangan berbeda. Panjang pantai tidak sepanjang sisi Timur karena di sisi Barat terdapat lebih banyak batu-batu granit. Pemandangan unit dari pantai sisi Barat adalah 3 pulau kecil, kira-kira 300m dari bibir pantai. Dikombinasikan dengan bebatuan granit besar yang tersebar di permukaan laut, pemandangan di sisi Barat menjadi lebih menarik, terutama pada saat matahari terbenam. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan pantai sisi Barat adalah dari puncak batu-batu granit di area ujung dari semenanjung.
 

Tempat ketiga yang indah untuk dilihat adalah dari villa, kira-kira 500m dari arah ujung semenanjung Tanjung Kelayang. Tempat ini seperti sebuah surga yang hilang, meskipun semuanya adalah kombinasi dari bebatuan granit seperti tempat-tempat lainnya. Yang menjadi istimewa, adalah pemandangan yang unik dan berbeda dari tempat lainnya.

Jika anda tertarik untuk berkunjung ke pulau-pulau kecil di sekitar pantai Tanjung Kelayang, di sekitar pantai terdapat banyak perahu nelayan yang bisa disewa. Dengan jarak yang begitu dekat dari pantai, perjalanan dengan perahu kurang lebih 10 menit dan anda bisa berjalan mengitari pulau-pulau yang tidak berpenghuni itu karena sepanjang pulau dikelilingi oleh pasir putih. Jangan lupa membawa persediaan minum yang banyak karena tidak ada air minum di pulau-pulau tersebut.

Berlawanan dengan cerita indah diatas, anda akan menemukan sebuah resort yang belum selesai dibangun dan terbengkalai tepat di tengah semenanjung Tanjung Kelayang. Proyek ini terabaikan oleh pemiliknya sejak beberapa tahun silam. Ini adalah penyebab utama kenapa Tanjung Kelayang tidak lagi se populer Tanjung Tinggi meskipun sebenarnya memiliki panorama yang lebih indah dari Tanjung Tinggi.
 
Itulah tentang Tanjung Kelayang, mari lihat foto-foto nya dan itu adalah “surat undangan” untuk anda. Kami bisa membantu anda untuk mengatur perjalanan ke tempat ini.

Tempat Wisata Di Kabupaten Belitung
 Pantai Tanjung Kiras

Pantai Tanjung Kiras berjarak sekitar 70 km dari kota Tanjungpandan, terletak di desa Padang Kandis kecamatan Membalong. Pantai ini memiliki panorama menawan yang merupakan perpaduan antara bukit, pantai berbatu dan pulau-pulau kecil yang terlihat jelas dari bibir pantai. Keunikan pantai Tanjung Kiras ini adalah suasananya yang masih sangat alami sehingga akan sangat menarik bila dikunjungi oleh wisatawan yang menyenangi panorama alam yang masih asri dan alami. Pantai Tanjung Kiras memiliki fasilitas shelter dan kafetaria. Pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama hari minggu ataupun pada hari libur. 

Pantai Tanjung Pendam
Berada di pusat kota Tanjungpandan, tidak jauh dari Museum Pemda Tk. II Belitung. Terdapat gedung-gedung peninggalan jaman Kolonial Belanda yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat tinggal dan sarana umum seperti rumah sakit. Gedung-gedung Tua di tepi pantai ini mengarah ke Barat dan wisatawan bisa menyaksikan sunset ketika senja hari. Tempat wisata ini, selain hari-hari libur juga ramai dikunjungi bila sore hari oleh penduduk lokal untuk bersantai. Fasilitas yang ditawarkan seperti rumah makan dan area arena permainan yang sering digunakan untuk iven-iven tertentu. Acara tradisi Buang jong pada tahun-tahun tertentu oleh suku Sawang, diadakan di tepi pantai ini sekitar bulan Agustus sampai November. Potensi paling populer pantai tanjung pendam sering dimanfaatkan masyarakat untuk mencari kijing, yaitu sejenis cacing laut yang diambil dari lubangnya menggunakan kapur sirih dengan lidi sapu atau benang. Masyarakat juga dapat memanfaatkan laut Tanjung Pendam untuk memancing ikan bebulus. Kawasan pantai seluas 22 Ha ini yang telah dikembangkan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Belitung seluas 2,25 Ha dengan menyediakan berbagai fasilitas umum, sementara yang 19,75 Ha hingga saat ini belum dikembangkan.

Pantai Tanjung Tinggi
Terletak tidak jauh dari pantai Tanjung Kelayang sekitar 4 km, terdapat pantai Tanjung Tinggi yang juga masih terletak di Kecamatan Sijuk, berjarak sekitar 31 km dari Tanjungpandan dan 8 km dari Sijuk meliputi area seluas kurang lebih 80 Hektar dan bisa ditempuh dari Tanjungpandan dalam waktu 45 menit.

Pantainya memiliki pasir putih bersih dihiai oleh susunan bebatuan granit setinggi 15 m di tepian dan di lepas pantai. Lebar pantai 5 m pada pasang tertinggi dan 8 m pada saat pasang terendah dengan panjang bibir pantai sekitar 1 km. Disini terdapat tebing batu raksasa, Tebing batu ini menjadi latar belakang sempurna bagi pantai Tanjung Tinggi. Tebing ini terbentuk dari susunan batu besar yang tak beraturan, Beberapa ekor kelelawar putih kadang terbang melintasi celah tebing, konon Laksamana Ceng Ho pernah singgah disini. Fasilitas di pantai ini seperti Musholla, saung dan rumah makan yang sebagian menyajikan makanan laut segar.

Kawasan Tanjung Tinggi dilengkapi lor in hotel yaitu hotel bintang tiga yang lokasinya masih di sekitar area pantai. 
  
Desa Nelayan Tanjung Binga
Desa Nelayan Tanjung Binga terletak di pesisir pantai yang menghadap ke pulau Lengkuas. Masih berada di Kecamatan Sijuk, Desa Nelayan Tanjung Binga berjarak + 20 km dari Tanjungpandan. Pantai Tanjung Binga dengan kehidupan nelayan pesisir yang sangat kental merupakan daya tarik utama, daya tarik pendukung adalah keindahan alam bawah laut dan pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan ini seperti Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Bukit Berahu dan pulau-pulau kecil disekitarnya, seperti pulau Burung dan pulau Lengkuas. Fasilitas akomodasi penyewaan perahu-perahu nelayan memudahkan wisatawan melakukan kegiatan menyelam atau melancong ke pulau-pulau kecil dilepas pantai. Pengembangan Kawasan Wisata Utama (KWU) Budaya pesisir di pantai Tanjung Binga, sesuai dengan sasaran pasar wisatawan lokal dan regional khususnya untuk kegiatan rekreasi pantai dan wisatawan minat khusus Budaya, baik wisman maupun Wisnus, termasuk wisman kapal pesiar. oleh karena itu pengembangannya perlu dibarengi dengan fasilitas pendukung yang memadai bagi wisatawan. Fasilitas akomodasi yang cukup tersedia di kawasan ini perlu ditingkakan kualitas dan pelayanannya dengan tetap mempertimbangkan daya dukung lingkungan

Pantai Penyaeran
Pantai Penyaeran terletak di desa Sijuk Kecamatan Sijuk, berjarak sekitar 34 Km dari Kota Tanjungpandan. Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dengan garis pantai yang panjang dan landai. Karakteristik pantai yang landai dengan lebar sekitar 15 M disaat air surut, membuat pantai ini sangat cocok untuk kegiatan berjemur, mencari kulit kerang atau sekedar jalan-jalan di bibir pantai sambil menanti sunset tiba. Di pantai Penyaeran bisa dinikmati panorama bebatuan dan juga kegiatan nelayan yang menambatkan perahunya di muara sungai di dekat pantai. Jangan lupa membawa bekal bila anda berkunjung karena belum ada fasilitas khusus untuk wisatawan di Pantai Penyaeran ini

Tanjung Kubu merupakan pantai yang terletak di kecamatan Tanjungpandan, berada di desa Air Saga dan tidak jauh dari pantai Tanjung Pendam sekitar 3 Kilometer dari pusat kota Tanjungpandan. Terdapat Jembatan penyeberangan ke arah Kecamatan Sijuk di atas Muara sungai kubu yang langsung menghadap ke arah lepas pantai. Terdapat perahu-perahu nelayan yang ditambatkan di tepian muara sungai yang landai dan mempunyai pohon-pohon bakau yang tersusun rapi yang merupakan perahu-perahu nelayan desa setempat. Menurut legenda masyarakat setempat, Tanjung kubu berasal dari kata kubu atau benteng pertahanan, agar penduduk berlindung pada kubu tersebut jika ada Lanun atau gerombolan bajak laut yang sering menuju muara sungai, karena pada waktu itu perairan Belitung sering didiami oleh bajak laut. Di pantai ini cocok untuk memancing dan menyaksikan sunset ketika senja hari tiba

Pantai Teluk Gembira
Pantai Teluk Gembira terletak tidak jauh dari desa Padang Kandis kecamatan Membalong sekitar 65 Km dari Kota Tanjungpandan. Pantai Teluk Gembira terletak di pesisir yang berhadapan langsung dengan pulau Seliu yang terlihat jelas dari tepi pantai. Pantai ini memiliki panorama yang indah perpaduan dari bebatuan dan pasir putih serta laut lepas yang biru dihiasi oleh pulau-pulau kecil. Di Pantai ini terdapat dermaga penyeberangan yang disinggahi setiap hari oleh perahu yang membawa orang yang ingin menyeberang ke pulau Seliu, selain itu terdapat fasilitas Musholla dan shelter

Tajung ru
Tajung ru terletak di kecamatan badau tepatnya di desa pegantungan sekitar 27 Km dari Tanjungpandan. Di pantai Tanjung ru terdapat dermaga penyeberangan dari Belitung ke Jakarta atau ke daerah lainnya, dermaga ini menjadi kewenangan pemkab Belitung. Pantai Tanjung Ru merupakan pantai yang indah, gelombang laut hanya mengalun pelan dan mempunyai perairan yang dalam sehingga cocok untuk memancing. Ruas sepanjang jalan menuju pantai ini memudahkan para wisatawan ataupun penumpang untuk mengunjungi keindahan alam pantai Tanjung ru. 
  
Pulau Lengkuas
Sebuah pulau yang berdekatan dengan obyek wisata pantai Tanjung Kelayang, berada di kecamatan Sijuk dengan luas total pulau kurang lebih 1 hektar. Jarak tempuh dari pantai Tanjung Kelayang dengan menggunakan perahu mesin memakan waktu 30 menit. Selain menyajikan pesona alam dan perairan taman laut, pulau ini juga terkenal dengan mercusuar yang masih berdiri tegak dan biasa digunakan untuk objek penelitian, dibangun pada tahun 1882 dengan Tinggi bangunan kurang lebih 50m dan mempunyai 12 lantai oleh pemerintah kolonial Belanda yang sampai saat ini mercusuar tersebut masih berfungsi dengan baik sebagai penuntun lalu lintas kapal yang keluar masuk Pulau Belitung. Di seputar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1,2 m. Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat-tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan. Air lautnya benar-benar jernih, seperti halnya di kolam renang dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan sejauh 100m menyeberang anda akan tiba di pulau-pulau kecil berbatu. Di sebelah timur pulau Lengkuas terdapat pulau Batu Malang Gede, yaitu salah satu pulau diantara rangkaian pulau-pulau kecil yang dilewati dalam perjalan menuju pulau Lengkuas.

Gurok Beraye
Kawasan wisata alam air terjun Gurok Beraye terletak di lereng Gunung Tajam, sekitar 300 meter dari puncak gunung. Air terjun Gurok Beraye mempunyai Air yang jernih yang mengalir dari puncak gunung, Tempat ini biasa dikunjungi para pendaki gunung atau wisatawan berkemah yang sering berkemah disekitar air terjun selepas melakukan mountain climbing. Pengunjung biasanya tertarik untuk mendaki bebatuan curam di sekitar aliran air terjun yang dibawahnya terdapat kolam tempat curahan air yang dipenuhi oleh ikan-ikan

Bukit Batu Baginde
  Sebuah bukit batu granit setinggi 250 meter dari permukaan tanah di desa Membalong, berjarak sekitar 70 km dari kota Tanjungpandan. Terdapat sebongkah batu berdiameter 1,5 meter yang seolah-olah menempel di tebing Batu Baginde yang curam. Batu baginde dianggap penduduk setempat sebagai tempat yang memiliki nuansa magis yang kental dan dihubungkan dengan legenda asal mula terjadinya pulau Belitung, Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Batu Baginde cocok sekali sebagai tempat olahraga panjat tebing terutama bagi wisatawan yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan. Masih di sekitar desa Membalong, tepatnya di desa Perpat juga terdapat goa Nek Santen yang dihuni oleh kelelawar yang jumlahnya sangat banyak, goa ini dikelilingi oleh hutan yang dapat dijadikan obyek wisata alam

Tirta Marundang
  Tempat pemandian alam yang sejuk alamiah, segar dan penuh pohon dengan pemandangan yang indah, tenang, bersih dan jauh dari kesibukan sehari-hari. Obyek wisata alam ini terletak di desa Air Seru kecamatan Sijuk, mudah dicapai dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan bermotor dan memerlukan waktu tempuh + 30 menit dari kota Tanjungpandan. Fasilitas yang tersedia disini adalah dua buah kolam renang besar yang memanfaatkan sumber air alam dari anak sungai Merundang yang bersih dan tidak pernah kering. 
  
Dayang Seri Pinae
Pemandian umum Kolam renang Dayang Seri Pinai terletak di Kecamatan Tanjung Pandan disamping Museum Geologi. Pemandian ini masih di area wisata pantai Tanjung Pendam, Fasilitas yang tersedia di tempat pemandian ini adalah Kolam Renang, Kantin dan Aula pertunjukan. Selain fasilitas-fasilitas diatas, di tempat pemandian ini terus diselenggarakan pembinaan olahraga renang seperti yang dilakukan oleh Dholpin group, yang melakukan kegiatan pembinaan latihan renang kepada siswa-siswi dari sekolah dasar sampai SLTU di Tanjungpandan, aktivitas ini biasa dilakukan pada hari-hari sekolah seperti hari Senin, rabu, dan kamis, dari pukul 15.00 sampai 17.00.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: