Vihara Dewi Kuan Yin

Vihara Dewi Kuan Yin

Kabupaten Bangka – Bangka Belitung – Indonesia
Vihara Dewi Kuan Yin

Vihara Dewi Kuan Yin di Desa Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka

A. Selayang Pandang

Vihara Dewi Kuan Yin adalah sebuah tempat ibadah  umat Buddha – Khonghucu. Memasuki gedung ini langsung terasa suasana religiusnya dengan berbagai sarana peribadatan umat Buddha. Tetapi suasana akan berubah menjadi suasana wisata ketika berada di sekitar Vihara. Di area tersebut terdapat banyak sekali lokasi wisata yang dimaksudkan untuk mendukung  kenyamanan beribadah umat Buddha atau pengunjung yang hanya ingin menikmati  suasana di Vihara. Vihara ini adalah peninggalan umat Buddha yang pertama  tinggal di Bangka.

B. Keistimewaan

Keistimewaan Vihara ini adalah bentuknya yang  menyerupai sebuah kapal yang siap berlayar. Keistimewaan lainnya adalah  tempatnya yang berada di kaki bukit dan tepi aliran sungai. Menurut kepercayaan  masyarakat China, air di aliran sungai tersebut dapat menyembuhkan penyakit, membuat awet muda, dan dapat mengabulkan segala permintaan yang diinginkan pengunjung. Sehingga,  pengunjung tidak hanya bisa beribadah, merasakan suasana religius di dalam  Vihara, dan mandi, tetapi juga bisa minum air sumur alami, bersih, jernih, dan  segar yang mempunyai khasiat. Di Vihara ini pengunjung akan dibawa berlayar  menikmati keindahan alam, merasakan kejaiban alam, dan menyaksikan kebesaran  Tuhan.

C. Lokasi

Vihara ini terletak di Desa Jelitik, Kecamatan  Sungailiat, Kabupaten Bangka, ± 10 km dari Kota Sungailiat.

D. Akses

Dari Sungailiat menuju Vihara ini, pengunjung  bisa menggunakan kendaraan sendiri atau kendaraan umum (bus dan angkutan kota). Akan tetapi, kendaraan umum jarang sekali terlihat pada malam hari, sehingga  pengunjung mesti mempersiapkan diri jika ingin mengunjungi Vihara ini pada  malam hari.

E. Harga tiket

Dalam proses pengumpulan data.

F. Fasilitas dan Akomodasi

Dengan area seluas 15.420 m2, Vihara ini juga  menyediakan sebuah kolam pemandian alami yang sejuk dan segar dari sumber mata  air yang mengalir dari atas bukit yang mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh  bagi mereka yang percaya. Kolam pemandian ini disebut juga dengan Kolam Tujuh Bidadari. Kolam ini dipenuhi dengan tumbuhan teratai putih. Di area Vihara ini, juga disediakan wisma khusus (bangunan dengan nuansa hijau menambah sejuknya  suasana) yang didirikan untuk para pengunjung yang perlu menginap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: