Pantai Lagoi

Pantai Lagoi

Kabupaten Bintan – Kepulauan Riau – Indonesia
Pantai Lagoi

Pantai Lagoi Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau

A. Selayang Pandang

Pantai Lagoi merupakan salah satu obyek wisata kebanggaan Pemerintah Kabupaten Bintan, Propinsi Kepulauan Riau. Obyek wisata berkelas dunia ini memiliki pemandangan alam yang indah dan kondisi lingkungan yang bersih. Pohon kelapa yang berjajar rapi di sepanjang tepian pantai juga menjadi salah satu daya tarik kawasan wisata Pantai Lagoi. Di samping keindahan alamnya, keramahan penduduk setempat juga menjadi keistimewaan tersendiri, sehingga mampu memikat para pelancong yang berkunjung ke kawasan wisata ini.

Keberadaan obyek wisata Pantai Lagoi didukung pula dengan keindahan alam lainnya yang tak kalah menarik, yaitu Sungai Sebong, Hutan Mangrove, dan berbagai macam resort. Berbagai tempat tersebut masing-masing menawarkan panorama alam yang indah beserta keistimewaan-keistimewaannya.

B. Keistimewaan

Mengunjungi Pantai Lagoi Anda dapat menyaksikan deburan ombak sambil melakukan aktivitas-aktivitas seperti mandi, berenang, berendam, atau menyelam menyusuri keindahan dasar lautnya. Setelah puas menikmati aktivitas di air ini, pelancong dapat berjemur di atas hamparan pasir putihnya yang luas dan landai, sembari menikmati hangatnya sinar matahari. Anda juga dapat berjalan-jalan santai menyusuri keindahan pesisir pantai sambil menghirup udaranya yang sejuk.

Setelah puas menikmati panorama alam tersebut, pelancong juga dapat menikmati keindahan dan kenyamaan resort-resort yang berada ratusan meter dari pantai ini. Di resort ini, pelancong dapat bermain golf, berenang di kolam renang, menikmati spa, melihat keindahan wahana laut, dan melakukan aktivitas seperti diving, snorkeling, dan lain-lain.

Pelancong juga dapat melanjutkan berwisata menyusuri keindahan Sungai Sebong dengan menyewa perahu nelayan. Selama perjalanan, pelancong dapat melihat indahnya berbagai macam tumbuhan mangrove. Pemandangan menarik lainnya adalah berbagai macam tumbuhan yang tumbuh subur di pinggiran sungai seperti rhizophora, bakau, pandan, dan pohon nipah yang tergolong langka. Dari atas perahu itu, pelancong juga dapat melihat hewan-hewan liar yang hidup di pinggiran Sungai Sebong.


Perjalanan menyusuri Sungai Sebong
Sumber Foto: http://www.ekowisata.info

Bagi pelancong yang gemar memancing, dapat mengunjungi gubuk-gubuk kecil milik nelayan yang berada di muara Sungai Sebong. Gubuk-gubuk kecil yang terbuat dari pohon bakau dan beratapkan daun nipah ini, biasanya digunakan untuk menangkap ikan bilis dan cumi-cumi.

Keistimewaan Hutan Mangrove di Sungai Sebong yaitu kondisi airnya terbagi menjadi tiga jenis: air asin, air payau, dan air tawar. Dari kawasan ini, wisatawan dapat melihat berbagai spesies tumbuhan yang hidup di dalamnya. Di daerah air asin misalnya, pelancong dapat melihat jenis spesies rhizophora. Di zona air payau terdapat tumbuhan dengan jenis bruguiera. Sementara pada daerah air tawar terdapat tumbuhan jenis xylocarpus.    

C. Lokasi

Pantai Lagoi terletak di Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Propinsi Kepulauan Riau, Indonesia. 

D. Akses

Untuk menuju Pantai Lagoi, perjalanan dapat dimulai dari Tanjung Pinang dengan menggunakan mobil sewaan, taksi, atau travel. Dari kota Tanjung Pinang sampai ke lokasi wisata biasanya akan dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Bagi wisatawan dari Batam, perjalanan dapat dimulai dari pelabuhan penyeberangan Telaga Punggur. Dari pelabuhan ini, pelancong dapat naik speed boat menuju Tanjung Uban dengan ongkos sekitar Rp 30.000 per orang. Setelah sampai di Tanjung Uban, kemudian pelancong naik taksi menuju Pantai Lagoi. Perjalanan dari Tanjung Uban sampai ke lokasi wisata membutuhkan waktu sekitar 15—25 menit. Selain speed boat, wisatawan juga dapat naik kapal ferry dari Telaga Punggur menuju ke Lagoi. Kapal ferry menuju Lagoi beroperasi sebanyak 3 kali setiap hari (Desember 2008).


Suasana penyeberangan di Telaga Punggur
Sumber Foto: http://www.batamtrade.com

E. Harga Tiket

Masih dalam proses pengumpulan data.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Demi kenyamanan para pelancong, di kawasan wisata pantai ini terdapat berbagai macam fasilitas seperti hotel, mulai dari kelas melati sampai kelas berbintang, villa, restoran, kios suvenir, kamar mandi/kamar bilas, area parkir yang cukup luas, tempat persewaan alat pancing, dan lain-lain. Selain itu terdapat juga kios yang menjajakan masakan khas Bintan yaitu gonggong dan otak-otak. Gonggong adalah siput laut yang dimasak mirip sate. Sedangkan otak-otak merupakan ikan laut yang dimasak dengan cara dibungkus daun rumbia.

2 Comments on “Pantai Lagoi”

  1. Neyna Naya Says:

    Wah indah sekali Lagoi ini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: