Candi Muara Takus

Candi Muara Takus

Kabupaten Kampar – Riau – Indonesia
Candi Muara Takus

Candi Muara Takus di Desa Muara Takus, Kec. XIII Koto Kampar, Kab. Kampar

A. Selayang Pandang

Candi Muara Takus merupakan candi penganut agama Buddha. Ada yang berpendapat bahwa candi ini peninggalan agama Buddha yang datang dari India karena bentuknya mirip dengan Candi Acoka yang ada di India. Namun ada pula yang berpendapat bahwa ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Di dalam komplek candi ini juga terdapat bangunan candi lain yaitu Candi Tua, Candi Bungsu dan Mahligai Stupa serta Palangka. Komplek Candi Muara Takus merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau.

B. Keistimewaan

Bangunan candi ini terbuat dari  campuran batu pasir, batu sungai dan batu bata. Menurut sebuah sumber, batu bata untuk bangunan candi ini dibuat di desa Pongkai, sebuah desa yang terletak di sebelah hilir komplek candi. Bekas galian tanah untuk membuat batu bata  sampai saat ini  menjadi tempat yang dikeramatkan penduduk. Untuk membawa batu bata ke tempat candi, dilakukan secara beranting dari tangan ke tangan. Didalam komplek candi terdapat  gundukan yang diperkirakan sebagai tempat pembakaran tulang manusia. Di luar komplek ini terdapat pula bangunan-bangunan yang terbuat dari batu bata, yang jenis bangunannya belum dapat dipastikan.

C. Lokasi

Candi ini berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, jaraknya kurang lebih 135 km dari Kota Pekanbaru. Jarak antara komplek candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan.

D. Akses

Untuk mengunjungi candi ini dapat ditempuh dengan jalan darat, memakan waktu + 2,5 jam dari kota Pekanbaru.

E. Harga Tiket

Masih dalam Pengumpulan data.

F. Akomodasi

Masih dalam Pengumpulan data.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: