Danau Bakuok

Danau Bakuok

Kabupaten Kampar – Riau – Indonesia
Danau Bakuok

Danau Bakuok di Desa Aur Sati, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar

A. Selayang Pandang

Danau Bakuok adalah bagian dari anak Sungai Kampar yang mengelilingi sebuah delta yang hampir berbentuk sebuah pulau. Keliling danau mencapai hampir satu setengah kilometer. Air Danau Bakuok mengalir kembali ke Sungai Kampar. Danau yang berukuran lebih kurang 1.000 meter x 100 meter ini merupakan kawasan yang dilindungi hukum adat. Penduduk sekitar dilarang menangkap ikan kecuali pada musim mauwoo, yaitu tradisi menangkap ikan secara bersama-sama jelang datangnya bulan Ramadhan atau waktu perayaan HUT Kemerdekan RI. Tradisi mauwoo adalah memanen ikan yang dibesarkan secara alamiah di Danau Bakuok. Berbeda dengan tradisi lubuk larangan, seperti yang terdapat di Sumatera Barat dan Sumatera Utara, yang memanen ikan secara bersama-sama dan dibagi rata, ikan tangkapan mauwoo menjadi hak para penangkapnya. Dalam tradisi mauwoo terdapat prinsip, siapa yang banyak menangkap ikan dialah yang akan beruntung.

B. Keistimewaan

Danau Bakuok memiliki beragam jenis ikan, seperti patin, baung, dan ikan tawar lainnya. Selain itu, Danau Bakuok juga memiliki jenis fauna khasnya, yaitu ikan motan.

C. Lokasi

Danau Bakuok terletak di Desa Aur Sati, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia.

D. Akses

Lokasi Danau Bakuok berjarak sekitar 50 kilometer barat daya Kota Pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau. Dari Kota Pekanbaru, wisatawan dapat mengunjungi Danau Bakuok dengan menggunakan bus.  

E. Harga Tiket

Dalam konfirmasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: