Hutan Lindung Bukit Suligi

Hutan Lindung Bukit Suligi

Kabupaten Kampar – Riau – Indonesia
Hutan Lindung Bukit Suligi

Sebuah dungai di Hutan Lindung Bukit Suligi, Kabupaten Kampar.

A. Selayang Pandang

Kawasan hutan lindung Bukit Suligi merupakan hamparan hutan tropis  basah, dengan luas areal sekitar 300 hektare. Hutan lindung ini merupakan salah  satu surga alam terindah di daerah Riau Daratan dengan beraneka flora dan fauna langkanya. Disamping untuk rekreasi, kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi juga  dijadikan tempat penelitian biologi.      

B. Keistimewaan

Hutan Lindung Bukit Suligi sangat layak untuk dikunjungi karena di  lokasi tersebut terdapat berbagai objek wisata yang menarik. Untuk melepas  penat setelah mengelilingi kawasan tersebut, pengunjung bisa berendam atau mandi di sumber mata air panas. Gua alamnya yang indah dan panorama air terjunnya yang rancak menambah daya eksotik kawasan ini. Pengunjung yang  tertarik berpetualang, di kawasan ini pun terdapat jalan setapak yang berliku-liku sampai ke tengah hutan belantara. Pengunjung dapat mengarungi sungai-sungai kecil yang berkelok-kelok, seakan tak ada putus-putusnya itu, dengan kepuasan  batin yang tak terkatakan bentuknya. Kawasan ini sangat potensial dikembangkan  dan dimanfaatkan sebagai objek wisata alam, wisata buru, camping ground, pembinaan cinta alam, penangkaran satwa tropical rain forest, hiking, rally, wisata tirta, fishing area dan taman hiburan.       

C. Lokasi

Hutan Lindung Bukit Suligi terletak di Kecamatan Tandun dan Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Kampar, Provinsi  Riau, Indonesia.

D. Akses

Hutan Lindung Bukit Suligi berjarak sekitar 139 kilometer dari Kota Pekanbaru,  ibukota Provinsi Riau.

E. Harga Tiket

Dalam konfirmasi

F. Akomodasi dan Fasilitas

Pemerintah daerah setempat akan mengembangkan dan memanfaatkan kawasan  yang sangat potensial ini sebagai objek wisata alam, wisata buru, camping ground, pembinaan cinta alam, penangkaran satwa tropical rain forest,  hiking, rally, wisata tirta, fishing area dan taman hiburan.

One Comment on “Hutan Lindung Bukit Suligi”


  1. luas Hutan Lindung Bukit Suligi bukan 300 ha, melainkan 33.000 ha dimana hampir 80% (25.400,67 ha) berada di Kabupaten Rokan Hulu dan selebihnya (7.599,33 ha). Hutan Lindung Bukit Suligi berada di Kecamatan Tandun dan Kecamatan Rokan IV Koto berada di Kabupaten Rokan Hulu, sedangkan Kecamatan Bangkinan Barat berada di Kabupaten Kampar.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: