Pantai Batu Berdaun

Wisata Dabo Singkep

Pantai Batu Berdaun – Dabo Singkep

Pantai Batu berdaun terletak didesa batu berdaun yang berjarak 8 Km dari dabo .
pantai yang membentang menghadap kearah tenggara memiliki butiran pasir yang halus dan berwarna putih dan di tumbuhi berbagai macam flora diantaranya Cemara anggin yang sering disebut penduduk ‘pokok Ru’, Kelapa,pandan pantai,dan Leban pantai.
Nama batu berdaun sendiri diberikan karena dipantai ini terdapat sebuah batu yang ditumbuhi pohon yang bagi para penggemar Bonsai dinamakan saike,entah sudah berapa tahun usia pasti pohon yang tumbuh diatas batu itu, pada mulanya pohon yang tumbuh di batu tersebut adalah pohon leban pantai, namun kini pohon cemara anginpun tumbuh di batu tersebut. Itulah mungkin kenapa pantai ini di namakan pantai batu berdaun yakni batu yang terdapat daun atau ditumbuhi pohon.
suasana yang begitu asri dan indah membuat pantai ini menjadi bagian tempat vaforit bagi keluarga yang mengisi liburan untuk bersantai bersama keluarga dan bagi pelajar atau pemuda di singkep pantai ini juga menjadi pilihan untuk dijadikan tempat camping, apalagi saat perayaan tahun baru boleh dikatakan dipantai inilah pusatnya perayaan pergantian tahun itu untuk masyarakat singkep.
Objek wisata yang satu ini memiliki sedikit keunikan, sama seperi namanya di daerah ini kita akan manjumpai sebuah batu yang ditum buhi pohon. Nama Batu berdaun ini sendiri diambil dari batu dan pohon tersebut. Objek wisata ini juga cukup indah karena ini merupakan objek wisata pantai dan sangat di gemari oleh masyarakat kota Dabo Singkep, namun sedikit disayangkan keadaan objek wisata ini kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat. Keadaan pantai ini cukup bersih dan indah, warga yang tinggal di daerah ini juga sebagian juga berpencaharian sebagai nelayan dan ada juga yang bekerja mangumpulkan batu-batu yang ada di pantai. lihat foto yang lain

Pantai Sergang  

Pantai indah sergang yang terletak di desa sergang ini hanya berjarak 1,5 km saja dari pusat kota dabo. jarak yang dekat,pasir pantai yang bersih, suasana yang teduh oleh rimbunnya pohon cemara angin ditambah fasilitas bungalo sebagai tempat bersantai membuat pantai inipun menjadi pilihan untuk bersantai. . pantai indah sergang ini dikelola masyarakat desa sergang dan dibantu pemerintah daerah tentunya menjadi salah satu obyek wisata yang diandalkan di singkep Pantai Nusantara

Pantai nusantara hanya berjarak 300 m sebelah barat daya dari pantai indah sergang dan masih diwilayah desa sergang. pantai ini sendiri dikelola penduduk setempat .

Pantai nusantara yang teduh dan tenang menjadi tempat yang asik untuk menikmati suasana pantai sambil menikmati secangkir kopi dan lakse (makanan khas melayu terbuat dari sagu dengan kuah terbuat dari ikan teri).

 Tanjung Jodoh 
Tanjung jodoh terletak 200 m sebelah Barat daya dari pantai nusantara. Tanjung (daratan yang menjorok kelaut) diberi nama tanjung jodoh konon katanya ditempat ini sering dijadikan tempat dua sejoli muda mudi mengikrarkan janji sehati dan hingga saat inipun tanjung jodoh inipun masih sering dipilih pasangan muda mudi untuk memadu kasih. tempat yang benar-benar masih alami tidak ada kursi ataupun bungalo untuk bersantai apa lagi warung, yang ada hanya rimbunan pepohonan dan batu karang.

  

Batu Ampar  

Batu ampar terletak 10 km dari pusat kota dabo, merupakan objek wisata air terjun sekaligus tempat pemandian. tempat yang terletak dikaki gunung muncung ini memiliki aliran air yang deras dan jernih dengan hamparan bebatuan disepanjang alirannya ditambah nuansa hutan yang masih alami membuat suasana sejuk dan tenang begitu terasa ditempat ini. ada beberapa bungalo sebagai fasilitas yang dibangun pemerintah daerah sebagai tempat bersantai, dan saat ini sedang dilakukan perbaikan sarana kolam pemandian di tempat tersebut.tidak ada yang mengetahui pasti asal nama batu ampar namun menurut orang-orang tua yang berada di pemukimam masyarakat yang paling dekat dengan lokasi tersebut yakni air salak, nama batu ampar diberikan karna di sepanjang aliran air tersebut dahulunya banyak sekali batuan yang berhamparan,mungkin karna kebiasaan penyebutan kata yang ringkas dan cepat pada ahirnya orang menyebutnya dengan kata batu ampar. batu ampar menjadi pilihan yang mengasikkan bagi yang ingin menikmati nuansa hutan yang alami dan sejuk ataupun bagi yang bertujuan untuk mandi menyegarkan tubuh dengan airnya yang sejuk dari cuaca siang yang begitu panas dan menggerahkan. selain itu pula ditempat ini ada kolam pengembang biakan ikan air tawar milik bapak Hamdi. berbagai macam ikan air tawar yang ada disitu diantarany ikan Nila,Bawal darat,Patin,Mas koi,dan Toman. bagi anda yang ingin menikmati ikan bakar, kantin milik bapak hamdi inipun menyediakannya dan andapun dapat memilih dan mengambil ikannya sendiri dari kolam yang tersedia.
 Gunung Muncung

 Gunung muncung berjarak 15 km dari pusat kota dabo memiliki ketinggian hanya 450 m dpl, dipuncak gunung ini dulunya sekitar tahun 1978 dibangun stasiun realy TVRI yang di fasilitasi oleh UPTS(unit penambangan timah singkep) demi kebutuhan sarana hiburan dan informasi televisi bagi masyarakat singkep. akses jalan dibuat permanen sehingga kendaraan roda empat mampu mencapai puncaknya, namun seiring hengkangnya perusahaan timah dari pulau singkep ini,itu pula yang menandai kehancuran gunung muncung tersebut,pada mulanya sarana jalan yang tidak lagi terawat lama kelamaan satu persatu fasilitas yang adapun ikut lenyap oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mulai dari kaca hingga kabel-kabel tembaga sampai besipun dibuat takbersisa,dan kini yang tersisa hanya tiang tower dan dinding beton bangunan, dan akses jalan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. dipuncak gunung muncung ini memiliki pemandangan yang sangat indah karna kita dapat melihat sekeliling pulau singkep,apalagi untuk menikmati sunset dan sunrise. bisanya anak-anak muda di singkep menjadikan gunung muncung sebagai tempat melakukan camping ataupun heking, selain disepanjang jalur perjalanan memiliki medan yang menantang karna memiliki hutan alami, di kaki gunung muncung inipun terdapat sumber air yang berasal dari sumbermata air pegunungan yakni air gemuruh yang dijadikan sumber untuk air bersih pada tahun 1975 bagi konsumsi masyarakat dabo singga sekarang, dan selain itu pula dikaki gunung muncung ini terdapat air terjun “batu ampar ” dimana ditempat ini biasa dijadikan tempat beristirahat dari perjalanan yang sebelumnya begitu melelahkan.perjalanan heking kegunung muncung sendiri dapat ditempuh dengan waktu 3 hingga 4 jam saja untuk menuju puncaknya, sepanjang perjalanan anda dapat menikmati indahnya perbukitan,menempuh semak belukar,hingga menembus rimba raya yang alami dengan berbagai macam fauna yang bisa kita jumpai.

 Permandian Air Panas

 Pemandian air panas terletak di kaki gunung lanjut yang berjarak 9 Km dari pusat kota dabo, kawasan air panas merupakan kawasan perkebunan di pulau singkep, dikawasan ini terdapat diantaranya perkebunan karet dan durian. jadi jika anda menuju ke pemandian air panas ini anda akan menyaksikan pepohonan karet ataupun durian di sisi jalan, namun jalan menuju ke tempat pemandian air panas ini belum begitu baik,dari 9 Km jaraknya hanya 2 Km saja yang sudah beraspal sisanya masih berupa jalan tanah merah yang walaupun bahu jalannya cukup lebar namun jika turun hujan akan banyak terdapat genangan air dan membuat jalanpun menjadi licin dan sebaliknya bila musim kemarau jalanpun menjadi berdebu, inilah mungkin yang menyebabkan pemandian air panas ini kurang di minati pengunjung dibanding objek-objek wisata lainnya. Di lokasi pemandian air panas sendiri terdapat 4 kolam yang memiliki suhu panas yang berbeda, ada kolam bagi anak-anak atau balita, suhu panas sedang, hingga yang panas. selain itu pula dilokasi ini sudah terdapat fasilitas MCK dan bungalo sebagai tempat untuk bersantai. Belum ada penelitian ilmiah yang otentik tentang sumber air panas yang ada. namun dari apa yang ada aroma belerang dapat kita rasakan dari kolam pemandian ini,jadi dapat disimpulkan terdapat energi panas bumi di pulau singkep ini,walaupun biasanya magma ada di kawasan gunung berapi namun di pulau singkep ini terdapat di kaki gunung lanjut yang gunung lanjut ini sendiri hanya memiliki ketinggian 400 m diatas permukaan laut, ataukah sebenarnya pulau singkep memiliki anakan gunung yang akan tumbuh menjadi gunung berapi nantinya?, jawabannya tentulah harus di jawab melalui penelitian ilmiah tentang ini.    Pemandian air panas, Ini merupakan satu-satunya objek wisata pemandian air panas yang terdapat di kota Dabo Singkep. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Dabo Singkep namun masih cukup banyak pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini, karena objek wisata ini sangat tenang dan nyaman karena berada jauh dari keramaian. Di tempat ini terdapat 3 buah kolam air panas, dimana suhu ketiga kolam ini berbeda-beda. Namun sedikit disayangkan jalan unutk menuju pemandian air panas ini masih kurang bagus dan apabila pada saat musim hujan jalannya akan kotor dan sedikit licin

One Comment on “Pantai Batu Berdaun”

  1. Hasnawiya Says:

    like this lah…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: