Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Kabupaten Bengkalis – Riau – Indonesia
Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang di Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis

A. Selayang  Pandang

Kawasan Pantai  Pasir Panjang terdiri dari kawasan Tanjung Medang, Teluk Rhu sampai Tanjung  Punak. Pemerintah Kabupaten Bengkalis berencana menjadikan Pantai Pasir Panjang  sebagai salah satu Kawasan Wisata Utama 1 (KWU-1) yang akan dikembangkan.

B. Keistimewaan

Pasir pantainya  berwarna putih dan bersih sehingga pengunjung nyaman untuk berjemur dan bermain  volly pantai. Air lautnya sangat jernih, seolah mengajak para pengunjung untuk  berenang, menyelam dan olah raga air. Sepanjang pantai 12 kilometer ini pengunjung  dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti berperahu dan berselancar. Pemandangan  pulau-pulau sekitarnya, seperti Pulau Ketam, Pulau Mentete dan Pulau Baru  dengan latar hutan pinus yang tertata rapi, menambah daya eksotik kawasan  pantai ini. Pada siang hari, bila cuaca cerah, pengunjung dapat melihat Malaysia dari  kejauhan. Pada sore hari, jelang menyaksikan matahari tenggelam (sunset),  pengunjung dapat melihat atraksi ikan terbang di bibir pantai sepanjang 12 (dua belas) kilometer ini. Bila malam hari cerah, pengunjung dapat menyaksikan  kerlap-kerlip lampu kapal tangker dan kapal nelayan lalu lalang di Selat  Malaka. Di sini pengunjung dapat melakukan transaksi menggunakan mata uang  rupiah Indonesia dan ringgit  Malaysia.  

C. Lokasi

Terdapat di Desa  Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Indonesia.

D. Akses

Karena berhadapan  langsung dengan Kota Dumai, pantai ini dapat diakses dengan mudah menggunakan  alat transportasi laut seperti motor boat dari Kota Dumai dengan lama perjalanan sekitar 2 (dua) jam. Dari Pekanbaru pengunjung bisa naik kapal penumpang  yang menyusuri Sungai Siak dan berhenti di Bengkalis. Kemudian dari Bengkalis, pengunjung bisa menyewa kapal kecil (speed boat) dengan harga sewa perhari sekitar 1 (satu) juta rupiah. Sesampainya di Pulau Rupat, terdapat dua  pilihan, langsung ke Teluk Ruh dengan pesona pasir putihnya atau ke Pelabuhan Tanjung Medang, satu-satunya pelabuhan sekaligus pintu masuk utama ke kawasan  tersebut. Bila memilih ke Teluk Ruh, pengunjung harus turun di tengah laut, dijemput dengan sampan atau berjalan menuju pantai dengan ketinggian air  sepinggang. Jarak dari Teluk Rhu menuju Tanjung Medang ditempuh selama sekitar  15 (lima belas)  menit dengan menyewa motor atau ojek.    

E. Harga Tiket

Dalam konfirmasi

F. Akomodasi dan  Fasilitas

Di Teluk Rhu terdapat sebuah wisma yang dibuka dan memberi pelayanan selama 24 jam kepada para  pengunjung.

One Comment on “Pantai Pasir Panjang”

  1. darman Says:

    memang bagus teluk rhu . Saya mw berbagi pengalaman karna saya sudah pernah kesna krg lbh 4 bln yg lalu tepatnya hari raya idul fitri 1433. Saya brangkat ke pulau rupat dgan menaiki kapal RORO krg lbh 30 menit dri pelabuhan dumai, sampai di pulau rupat kami pun melanjutkn perjalanan menuju teluk rhu. Tapi sayangya keadaan jalan yg hancur parah kami pun brhati2 dgn menaiki sepeda mtor. Sesudah 3 jam kemudian kami pun sampai tjuan dan rasa cpek yg kami alami bgto saja hlang krna pemandangan pasir panjang putih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: