Wisata Bahari Indragiri Hilir

Wisata Bahari di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau

Kabupaten Indragiri Hilir – Riau – Indonesia
Wisata Bahari di Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau

Suasana Pemukiman Warga yang berbatasan langsung dengan laut di Kabupaten Indragiri Hilir

A.      Selayang Pandang

Ukuran yang tidak bisa dilepaskan dari Kabupaten Indragiri Hilir untuk menilai kekayaan potensinya adalah letak strategis kabupaten tersebut dengan jalur vital Selat Malaka. Letaknya yang berdekatan dengan pusat pengembangan pariwisata internasional maupun nasioanal, seperti Singapura, Malaysia, Pulau Batam, Pulau Bintan dan Tanjung Pinang sangatlah strategis dan bernilai ekonomi tinggi. Potensi tersebut juga berlaku untuk mengembangkan wisata bahari di Kabupaten Indragiri Hilir.

Ada beberapa objek wisata bahari di Kabupaten Indragiri Hilir yang bisa dijadikan ikon wisata bahari, antara lain, kawasan pemukiman pesisir, Pantai Tertitip, Danau Tagaraja serta Pantai Solop yang terletak di Pulau Cawan. Di Kawasan Pemukiman Pesisir, wisatawan bisa menikmati pemandangan aktivitas mata pencaharian warga baik yang berada di sisi daratan maupun warga yang mengandalkan ekonominya di laut. Di daratan, mata wisatawan bisa dimanjakan dengan lanskap bangunan rumah-rumah warga yang bersusun seperti terasering.

Di perairan, eksotismenya pun tak jauh berbeda. Lalu lalang kapal bermotor (pompong) sebagai sarana mobilisasi warga maupun mencari penghasilan, menarik untuk diikuti aktivitasnya. Suasana ini mungkin akan sulit ditemui terutama bagi warga yang berasal dari kawasan kontinental.

Menu wisata bahari lain yang disajikan Kabupaten Indragiri Hilir adalah Pantai Tertitip dan Danau Tagaraja. Pantai Tertitip terletak di Ibukota Kecamatan Kateman. Pantai berpasir putih ini adalah pantai dengan tingkat aktivitas yang cukup padat karena merupakan jalur transportasi yang menghubungkan Kabupaten indargiri Hilir dengan Provinsi Kepulauan Riau.

Selain pantai Tertitip, ada juga danau yang dijumpai di Kecamatan Kateman. Danau tersebut adalah Danau Tagaraja. Dahulu danau ini bernama kolam raja, karena merupakan pemandian dan sumber air bersih bagi Kerajaan Kateman.  Berbeda karakter dengan pantai Tertitip, Pantai Solop di Pulau cawan juga termasuk dalam sajian menu wisata bahari Kabupaten Indragiri Hilir. Pantai ini memiliki keunikan kawasan rawa yang berpasir putih dan dipenuhi kulit kerang yang terbawa oleh ombak.

B.      Keistimewaan

Mengunjungi wisata bahari di Kabupaten Indragiri Hilir, seperti mendapatkan satu paket wisata bahari yang lengkap. Tak hanya sekadar panorama alam saja, pemandangan hiruk-pikuk aktivitas warga dan pemukiman di pesisir juga menjadi bagian yang tak terpisahkan saat wisatawan menyusuri pantai-pantai di Kabupaten Indragiri Hilir. Dari pemandangan itu, bisa dilihat bahwa antara aktivitas keseharian warga dengan dunia pariwisatanya juga bisa menjadi kombinasi yang menarik untuk dinikmati bersamaan. Lanskap ini bisa mengingatkan wisatawan akan pemukiman pesisir di kawasan mediterania, seperti di Italia, Spanyol  maupun Portugal. Warna-warni rumah maupun bangunan di pemukiman warga ini meskipun tidak terkonsep namun justru mendatangkan nuangsa alami dari citarasa seni warga sekitar. Karena itu pemandangan ini sangat layak untuk dijadikan target lensa kamera.

 

Langkap lain di Kawasan Pemukiman Pesisir

Sedangkan untuk Danau Tagaraja, suasana hijau dari tumbuhan yang mengelilingi area danau adalah nilai lebih danau ini. Oleh karena terdapat sungai bawah tanah di bawah permukaan danau, maka debit airnya akan berbanding lurus dengan pasang surutnya air laut. Dari fenomena tersebut, wisatawan bisa membedakan dampak dari pasang surut air laut terhadap ekosistem danau Tagaraja. Satu bagian paket lagi yang lain adalah sunset view yang ada di pulau-pulai kecil di depan pantai Solop, Pulau Cawan. Keseharian pulau-pulau tersebut bisa menjadi alternatif lain disamping pasir hijau yang terhampar di bibir pantai. Keindahan pantai ini bahkan sudah diabadikan dalam sebuah lagu berjudul Pantai Solop.

C.      Lokasi

Kabupaten Indragiri Hilir merupakan kabupaten di bawah Provinsi Riau. Kabupaten ini terletak di 0º36’ LU, 1º07’ LS dan antara 102º32’ dan 104º10 BT. Beribu kota di Tembilahan, dan memiliki 20 Kecamatan. Objek kawasan pemukiman pesisir bisa ditemui di hampir semua pantai di Indragiri Hilir. Salah satu yang terpadat adalah kawasan sungai Guntung di Kecamatan Kateman. Yang merupakan jalur transportasi menuju Kepulauan Riau. Kawasan Sungai Guntung sendiri berdekatan dengan Pantai tertitip. Masih di Kecamatan Kateman, wisatawan juga bisa mengunjungi Danau Tagaraja. Sedangkan lokasi Pantai Solop, terletak di Pulau cawan yang merupakan jalur transportasi menuju Pulau Batam.

D.     Akses 

Untuk menuju Pantai Tertitip Wisatawan dapat menggunakan jasa perahu motor atau yang biasa disebut dengan pompong. Dengan moda tradisonal tersebut Pantai Tertitip dapat ditempuh hanya dengan 5 menit perjalanan dari Sungai Guntung. Sedang jarak antara Sungai Guntung dari Tembilan bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan speed boat atau ferry yang rutin dijadwalkan beberapa kali setiap hari. Di Kecamatan Kateman ini wisatawan juga dapat mengunjungi Danau Tagaraja. Jika diukur dari pelabuhan Sungai Guntung, danau ini hanya berjarak kekitar 4 km. Sedangkan lokasi Pantai Solop di Pulau Cawan berada di jalur pelayaran Tembilan-Pulau Batam.

E.      Harga Tiket

Masih Dalam Konfirmasi

F.      Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di Tembilahan, terdapat berbagi macam bank baik daerah maupun nasional. Di samping itu, lokasi penginapan berupa hotel maupun wisma juga terbagi merata di Tembilan. Bagi wisatawan yang berminat mencoba suasana berbelanja di tengah sungai, Pasar Terapung  bisa menjadi pilihan tepat.

2 Comments on “Wisata Bahari Indragiri Hilir”

  1. sighid nurhayanto Says:

    i love guntung


  2. Tradisi yang selalu dijaga kelestariannya membuat daya tarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata pasar apung di Indragiri Hilir… keren…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: