Gua Ngalau Indah

Gua Ngalau Indah

Kota Payakumbuh – Sumatra Barat – Indonesia
Gua Ngalau Indah

Gua Ngalau Indah di kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat

A. Selayang pandang

Ngalau Indah adalah nama sebuah gua yang berada di  lereng perbukitan yang terdapat di Kota Payakumbuh. Di dalamnya terdapat  batu stalagmit dan stalagtit yang terbentuk dari proses endapan kapur yang berlangsung ratusan tahun. Kedua jenis batu tersebut mempunyai ukiran beraneka macam bentuk, dengan ornamen-ornamen yang menakjubkan, seperti: ruang kamar tidur, kursi, kelambu dan lain sebagainya.

Agar para wistawan dapat menikmati pemandangan Ngalau dengan lebih leluasa, pemerintah setempat membangun beberapa sarana  pendukungnya, seperti: lampu penerangan, jalan penghubung dan anak  tangga.

B. Keistimewaan

Dari atas perbukitaan di sekitar Ngalau, para  wisatawan dapat melihat panorama kota  Payakumbuh yang terhampar di depan mata. Perpaduan tata bangunan perkotaan, hijaunya pepohonan dan hamparan sawah yang begitu luas merupakan satu kesatuan dari kemilau  Kota Payakumbuh.

Sedangkan pemandangan di sekitar Ngalau juga tidak kalah menarik. Sebelum masuk ke dalam Ngalau atau tepatnya di  depan pintu masuk para wisatawan disambut dengan sebuah ukiran dari batu yang menyerupai gajah. Memasuki Ngalau, para  wisatawan akan mendapat suguhan aneka ukiran-ukiran batu yang terpahat di dalam Ngalau. Batuan beraneka bentuk dan berukir tersebut diberi nama  sesuai bentuk batunya, seperti: kursi, kelambu, dan kamar tidur. Para pengunjung yang merasa lelah atau lebih lama ingin menikmati keindahan Ngalau tersebut dapat berhenti sejenak dan duduk  bersantai di atas batu-batu tersebut. Pada bagian lain Ngalau, terdapat batu tira yang berwarna putih yang apabila terkena sorotan cahaya lampu, dapat  memantulkan cahaya kemilau yang begitu indah.

C. Lokasi

Ngalau Indah terletak di kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

D. Akses

Objek Wisata Ngalau Indah dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi  darat. Dari kota Padang ke Payakumbuh, perjalanan ditempuh sekitar  3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan  angkutan umum, ongkosnya antara Rp.20.000,00 sampai Rp. 25.000,00 per orang  (Februari 2008).

E. Tiket

Tiket masuk sebesar berkisar antara Rp.  3.000,00 sampai Rp. 5.000,00 per orang (Februari 2008).

F. Akomodasi

Di kota Payakumbuh tersedia beberapa hotel yang cukup nyaman untuk menginap, mulai dari  hotel yang berbintang sampai hotel klas melati. Begitu juga dengan tempat makan,  di kota ini juga banyak terdapat warung makan  yang menyajikan beraneka menu masakan padang.


%d bloggers like this: