Gunung Merapi

Gunung Merapi

Kabupaten Agam – Sumatra Barat – Indonesia
Gunung Merapi

Gunung Merapi di sekitar Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar

A. Selayang Pandang

Gunung Merapi yang juga dikenal sebagai Merapi atau Berapi memiliki ketinggian 2891,3 m dari permukaan air laut. Sebagai  salah satu gunung yang paling aktif di Sumatera,  Merapi sudah sering meletus. Terhitung sejak akhir abad 18 hingga 2008 tercatat  kira-kira sudah 454 kali melatus, 50 di antaranya dalam skala besar, sedangkan sisanya  dalam skala kecil dengan mengeluarkan abu belerang.

B. Keistimewaan

Di antara sekian banyak gunung yang ada di  Sumatera Barat, Gunung Merapi merupakan objek wisata yang sering dikunjungi  oleh pada wisatawan. Gunung Merapi sudah memiliki jalur tetap untuk para  pendaki, sehingga memudahkan para pendaki untuk melakukan pendakian. Di gunung ini, terdapat bunga edelwis yang tumbuh bermekaran di sekitar lereng  gunung, yang menambah indahnya pemandangan Gunung Merapi.

C. Lokasi

Gunung Merapi berada dekat dengan kota Bukittinggi, tepatnya di sekitar Kabupaten  Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera  Barat, Indonesia.

D. Akses

Akses untuk mencapai Gunung Merapi cukup mudah,  mengingat letaknya yang tidak jauh dari pusat kota  Bukittinggi dan kota  Padang Panjang. Dari Padang atau bandara Ketaping menuju Gunung Merapi, butuh waktu  sekitar 1 ½ jam untuk sampai ke lokasi. Sedangkan jika bertolak dari kota Bukittinggi butuh waktu sekitar 30 menit. Transportasi untuk  mencapai lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat, bisa menggunakan angkutan  umum atau travel. Ongkos transportasi berkisar antara Rp.15.000-Rp. 20.000 per  orang.

E. Akomodasi

Lokasi Gunung Merapi tidak begitu jauh dari  Kota Bukittinggi dan kota Padang Panjang. Mengingat Gunung Merapi dekat dengan 2 kota  ini, para wisatawan dari luar kota yang ingin  berlama-lama di kawasan tersebut, dapat menginap di Hotel di dua kota itu. Di sepanjang jalan menuju Gunung Merapi, terdapat banyak restoran yang menyajikan aneka hidangan masakan Padang  yang dapat mengobati rasa lapar para  wisatawan.


%d bloggers like this: