Istana Silinduang Bulan

Istano Silinduang Bulan

Kabupaten Tanah Datar – Sumatra Barat – Indonesia
Istano Silinduang Bulan

Istano Silinduang di Nagari Pagaruyuang Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar
Rating : Rating 3 3 (16 pemilih)

A. Selayang Pandang

Istano Silinduang Bulan terletak di pusat kerajaan Pagaruyung. Istana yang  berukuran 28 x 8 meter disebut juga dengan Rumah Gadang Sambilan Ruang.

Istana ini didirikan di tapak istana lama yang  terbakar pada tahun 1966 atau sekitar dua  kilometer sebelah utara Istana Basa (terbakar 2007). Sehingga, Istano Silinduang Bulan yang ada sekarang bukan lagi  istana yang asli, akan tetapi merupakan replika yang sudah dibangun ulang untuk  menggantikan istana lama yang terbakar.

B. Keistimewaan

Istano Silinduang Bulan mempunyai beberapa keunikan  yang menarik untuk dilihat. Dari style bangunan, Istano Silinduang Bulan  menggunakan style “Alang Babega”, hal ini berbeda dengan istana-istana  yang lain yang ada di Minangkabau yang lebih banyak memakai style bangunan Gajah  Maharam, Rajo Babandiang, Sitinjau Lauik dan sebagainya.  Style “Alang Babega“ ini merupakan style bangunan khas tempat para raja  dan keluarga menginap. 

Pada bagian dinding istana ini dihiasi dengan berbagai  jenis ukiran. Diantaranya: Pucuak Rabuang dan Aka Cino dipadukan dengan  hiasan kaca Tabentang Kalangik. Pada jalusi di atas jendela dihiasi  dengan ukiran tembus dengan motif Si Kambang Manih. Pada bagian di bawah  pinggir atap yang disebut dampa-dampa dihiasi dengan tiga jenis ukiran  yaitu: Pisang Sasikek, Aka Cino dan Tantadu Bararak. Pada  pintu masuk juga dapat dilihat berbagai macam jenis ukiran seperti: Tupai  Managun, Daun Bodi, Saik Wajik, Bungo Lado, Buah Palo  Bapatah, Itiak Pulang Patang. Sehingga Istano Silinduang Bulan merupakan  salah satu Rumah Gadang yang memiliki ukiran Relic Minang yang sangat indah dan  menakjubkan. Sementara itu atap Istano Silinduang Bulan mempunyai tujuh buah gonjong (tajuk) yang berdiri kokoh dan megah menjulang ke langit.

Di bagian halaman Istano Silinduang Bulan berdiri dua buah rangkiang. Rangkiang merupakan tempat penyimpanan padi para keluarga Kerajaan  Pagaruyung. Kedua rangkiang tersebut diberi nama Si Bayau-bayau dan Si  Tinjau Lauik.

Sebagai istana Kerajaan Pagaruyung, Istano Silinduang Bulan sekarang ini masih banyak menyimpan benda-benda pusaka  Kerajaan Pagaruyung yang dirawat dengan baik. Warisan pusaka kerajaan yang ada tersebut  tentunya menarik untuk dilihat dan diamati.

C. Lokasi

Istano Silinduang Bulan terletak di Nagari Pagaruyuang Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumetera Barat, Indonesia.   

D. Akses

Untuk mencapai lokasi Istana Silinduang Bulan, para wisatawan dapat menggunakan jalur darat. Perjalanan dimulai dari kota Padang dengan menggunakan angkutan umum, travel, mobil pribadi atau mobil sewaan.  Jarak objek wisata dari  Padang ditempuh  lebih kurang 2 jam dengan ongkos Rp.10.000,-Rp.15.000,- per orang.

E. tiket

Dalam proses konfirmasi.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Dalam proses konfirmasi


%d bloggers like this: