Ngarai Sianok

Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi
Kota Bukittinggi – Sumatra Barat – Indonesia
Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi

Ngarai Sianok di Tepi Kota Bukittinggi

A. Selayang Pandang

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di jantung kota Bukittinggi, Sumatera  Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai ke Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir di Palupuh.

Jurang ngarai dalamnya sekitar 100 m yang membentang sepanjang  15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan  satu wilayah menjadi dua bagian (Patahan Semangko).Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang  hijau hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal).

B. Keistimewaan

Kendati sebagian dindingnya pernah runtuh akibat  gempa pada tahun 2007, Ngarai Sianok masih tetap menarik dan tidak  kehilangan daya eksotiknya. Bahkan pada tahun itu juga, Ngarai Sianok ditetapkan  sebagai best  tourism object (objek wisata terbaik) pada penghargaan Padang Tourism Award (PTA) 2007 di Padang.

Dilembah Ngarai Sianok mengalir Sungai  Sianok yang cukup jernih. Sungai tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan olah  raga seperti kano,  arung jeram dan kayak.  Sungai ini bermuara di samudera Hindia.

Di tepian sungai masih banyak dijumpai tumbuhan  langka seperti bunga rafflesia dan tumbuhan obat-obatan. Sedangkan  di dalam hutan di lembah ngarai, terdapat beberapa fauna liar yang masih bisa ditemui,  seperti: monyet ekor panjang, siamang,simpai, rusa, babi hutan,macan tutul dan tapir.

C. Lokasi

Ngarai Sianok terletak di Kota Bukittinggi dan Kabupaten  Agam, Sumatera Barat, Indonesia.

D. Akses

Untuk mencapai lokasi ini para wisatawan dapat  menggunakan jalur darat. Dari kota Padang ke Bukittinggi,  perjalanan dapat ditempuh selama lebih kurang 2 jam perjalanan dengan  menggunakan angkutan umum, dengan ongkos antara Rp. 15.000-Rp.20.000,- per  orang (Februari 2008). Setelah sampai di kota  Bukittinggi, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota ke lokasi Ngarai  Sianok. Untuk mengantisipasi supaya tidak berganti-ganti mobil, para wisatawan  dianjurkan untuk menggunakan jasa travel, mobil pribadi atau mobil sewaan yang  bisa langsung menuju lokasi objek wisata.

E. Akomodasi

Ngarai Sianok, terletak di tengah kota Bukittinggi. Di kota  ini terdapat hotel yang nyaman untuk tempat menginap bagi para wisatawan yang  datang dari luar kota.  Jenis hotel bervariasi mulai dari tarif murah hingga sangat mahal. Untuk  masalah makanan para wisatawan dimanjakan oleh berbagai aneka masakan Padang. Nasi Kapau  menjadi salah satu menu yang menarik untuk dicoba yang berada di Pasar Lereng  (disamping Pasar Atas).


%d bloggers like this: