Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna
Kota Pagar Alam – Sumatra Selatan – Indonesia
Arung Jeram Sungai Manna

Arung Jeram Sungai Manna di wilayah Kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat

A. Selayang Pandang

Arung jeram merupakan perpaduan antara wisata dan olah raga. Mengarungi jeram di hulu Sungai Manna (sebelah Tenggara Gunung Dempo) sangat mengasyikkan dan sekaligus mendebarkan.

Sungai Manna yang membelah bagian Selatan Provinsi Bengkulu ini bagian hulunya berada di wilayah Sumatera Selatan. Kondisi geografis wilayah sebelah barat Sumatera Selatan yang berbatasan dengan Bukit Barisan, menjadi “surga” bagi Petualang yang suka dengan tantangan dan pengalaman baru. Sejumlah anak sungai yang berarus deras dan berjeram (white water) tersebar di berbagai lokasi.

Kecamatan Tanjungsakti yang berada di Bukit Barisan, menjadi tempat yang biasa digunakan penggemar olahraga arung jeram untuk menyalurkan hobinya. Lokasi ini biasanya dipilih, karena menjadi titik terdekat untuk turun ke sungai. Dari tempat ini, keadaan sungai cukup lebar dan arusnya terdengar bergemuruh, sehingga bagi pengunjung yang senang berpetualang akan terangsang adrenalinnya.

Keadaan sungai ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi, jadi setiap petualang disarankan untuk menggunakan pemandu (guide) yang berpengalaman. Tonjolan batu membentuk aliran air, menimbulkan bunyi gemuruh, untuk itu dibutuhkan tenaga ekstra untuk melewatinya. Tidak jauh dari tempat ini ada bagian sungai yang membentuk pelataran sepanjang 50 meter dengan keadaan arus yang  tenang. 

B. Keistimewaan

Sungai ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi, keadaan sungai cukup lebar di bagian awal, sedangkan sepanjang 15 Km berikutnya terdapat jalur sungai yang sempit dan arusnya deras bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi penggemar olah raga arung jeram.

Jalur sungai sangat jeram yang berupa patahan (hole) dengan dinding batuan padas di pinggiran sungai, serta keadaan arus di ujung jeram yang membentuk cekungan dan arus memutar. Jeram Sungai Manna mempunyai kategori kesulitan maksimal grade-IV. 

Keindahan alam yang berupa tebing-tebing di kiri-kanan sungai menawarkan keindahan alam hutan hujan tropis yang sangat memukau.

C. Lokasi

Lokasi start awal Jeram Manna berada di wilayah Kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat, atau sekitar 40 Km dari Kota Pagaralam. 

D. Akses

Sedang dalam proses pengumpulan data.

E. Tiket Masuk

Sedang dalam proses konfirmasi.

F. Akomodasi dan Fasilitas

Di Kota Pagaralam tersedia peralatan arung jeram dan juga ada kelompok pemandu yang siap membantu para petualang, mereka tergabung dalam organisasi FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) Pagaralam.

One Comment on “Arung Jeram Sungai Manna”

  1. Tata Says:

    berapa harga tiket masuknya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: