Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak
Kota Palembang – Sumatra Selatan – Indonesia
Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak terletak di pusat Kota Palembang

A. Selayang Pandang

Benteng Kuto Besak dibangun selama 17 tahun, dimulai pada tahun 1780 M dan diresmikan pemakaiannya pada hari Senin tanggal 21 Februari 1797 M. Benteng Kuto Besak pada awalnya adalah bangunan keraton yang pada Abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Gagasan mendirikan Benteng Kuto Besak berasal dari Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724—1758, namun baru direalisasikan ketika Kesultanan Palembang diperintah oleh Sultan Muhamad Badaruddin (1776-1803 M).

Selain dikenal sebagai seorang tokoh dalam bidang perdagangan hasil-hasil bumi, Sultan Mahmud Badaruddin juga merupakan seorang agamawan yang menjadikan Kota Palembang sebagai pusat agama Islam di Nusantara. Dalam era pemerintahannya, Sultan Mahmud Badaruddin memindahkan Keraton Kuto Lamo ke Kuto Besak. Belanda menyebut Kuto Besak sebagai Nieuwe Keraton atau Keraton Baru.

Kawasan benteng ini terdiri dari sebuah pelataran yang luas dengan latar belakang deretan pohon palem di halaman Benteng Kuto Besak yang menyatu dengan menara air Kantor Wali Kota Palembang. 

B. Keistimewaan

Benteng Kuto Besak berdiri kokoh dengan panjang 288,75 meter dan lebar 183,75 meter. Adapun ketinggian dari benteng tersebut adalah 9,99 meter (30 kaki) dengan ketebalan 1,99 meter (6 kaki). Di setiap sudut benteng terdapat bastion (benteng pertahanan), namun ada satu bastion yang terletak di sudut benteng arah barat laut bentuknya lebih besar dibandingkan dengan ketiga bastion lainnya. Ketiga bastion yang sama bentuknya tersebut merupakan ciri khas Benteng Kuto Besak.

Di sisi Timur, Selatan, dan Barat Benteng Kuto Besak terdapat pintu masuk. Pintu masuk utama yang menghadap sungai Musi disebut lawang kuto, sedangkan pintu masuk lainnya disebut lawang buritan.

C. Lokasi

Benteng Kuto Besak terletak di pusat Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, tepatnya terletak di sebelah utara Sungai Musi. Areal ini dibatasi dengan Sungai Sekanak yang terletak di sebelah barat, Sungai Tengkuruk yang terletak di sebelah timur, dan Sungai Kapuran di sebelah utara.

D. Akses

Sedang dalam proses pengumpulan data. 

E. Harga Tiket

Sedang dalam proses konfirmasi. 

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Sedang dalam proses pengumpulan data

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: