Tenun Songket Palembang

Tenun Songket Palembang

Kota Palembang – Sumatra Selatan – Indonesia
Tenun Songket Palembang

Tenun Songket Palembang Motif Biji Pare
Rating : Rating 2.7 2.7 (9 pemilih)

A. Selayang Pandang

Tenun/Siwet Songket Palembang merupakan kerajinan tradisional khas masyarakat Palembang dan umumnya merupakan hasil industri rumah tangga. Pekerjaan menenun biasanya dilakukan kaum wanita, walaupun akhir-akhir ini kaum pria juga sudah berpartisipasi membuatnya. Songket adalah kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan sebagai hiasan, yaitu dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna di atas benang lungsin. Tenun ini memiliki berbagai motif, seperti: lepus, jando beraes, bunga inten, tretes midar, pulir biru, kembang suku hijau, bungo cino, bunga pacik, dan lain-lain.

Pembuatan Tenun Songket Palembang pada dasarnya dilakukan dalam dua tahap, yaitu (1) tahap menenun kain dasar dengan konstruksi tenunan rata atau polos dan (2) tahap menenun bagian ragam hias yang merupakan bagian tambahan dari benang pakan. Masyarakat Amerika dan Eropa menyebut cara menenun seperti itu sebagai inlay weaving system.

Tenun songket umumnya dipakai kaum wanita dalam upacara-upacara perkawinan, resepsi-resepsi resmi, dan acara-acara adat. Songket yang dikenakan seseorang akan menunjukkan status sosial pemakainya.

B. Keistimewaan

Tenun/Siwet Songket Palembang (dalam bentuk kain atau selendang) sudah terkenal di dalam maupun luar negeri. Tenun ini terbuat dari benang sutera kombinasi benang emas yang ditenun dengan cita rasa seni yang tinggi.

Keistimewaan Tenun Songket Palembang adalah proses pembuatannya sangat cermat sehingga untuk membuat satu kain dibutuhkan waktu 3-6 bulan. Di samping itu, desainnya tidak selalu sama antara satu pengrajin dengan pengrajin lainnya, tergantung selera mereka masing-masing.

Macam-macam motif tenun songket terdapat di Melayuonline.com.

C. Lokasi

Pusat pengrajin Tenun Songket Palembang berada di Kawasan Industri Songket Kelurahan 30 – 32, Kecamatan Ilir Barat, Kota Palembang.

D. Akses

Untuk mengunjungi kawasan industri tenun songket, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Pengunjung dapat menuju ke Jalan Diponegoro atau Jalan Ki Ranggo Wiro Sentiko, selanjutnya masuk ke Jalan Ki Gede Ing Suro.

E. Harga Tenun Songket

Harga Tenun Songket Palembang mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lain

Pengunjung dapat belanja langsung di tempat pengrajin tenun songket sambil melihat proses pembuatannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: